LIFESTYLE

Seneng Bareng Pilgub Jawa Timur 2024, Berikut Ini Jadwal dan Tema Debatnya

00:04

Konten [Tampil]

Jadwal dan tema debat pemilihan gubernur Jatim 2024

Setelah mengetik beberapa kata kunci, layar ponsel menunjukkan suhu kota yang Surabaya siang itu mencapai 35°C namun terasa seperti 41°C. Luar biasa memang panasnya kota Surabaya, apalagi buat saya yang terbiasa tinggal di Malang. Walaupun Malang akhir-akhir ini cuacanya juga panas namun tak sepanas Kota Surabaya.

Udara yang sedemikian panasnya, tak menyurutkan langkah saya menuju Luminor Hotel yang ada di kawasan Jemursari, dimana berlangsung Media Gathering "Sinergitas Peran Media dalam Mendukung Publikasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur tahun 2024".

Media Gathering yang berlangsung pada hari Jumat 11 Oktober 2024 ini dihadiri oleh kurang lebih 100 perwakilan media. Sebagai narasumber, hadir Bapak Nur Salam yang merupakan ketua divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat, Moderator ibu Prahastiwi Kurnia Sitorosmi atau yang lebih akrab dipanggil Bu Thiwi dan hadir pula Bapak Popong Anjarseno selaku Kepala Bagian Partisipasi, Hubungan Masyarakat dan SDM.

Mendekati pukul 14.30 Bu Thiwi selaku moderator acara menghimbau rekan-rekan wartawan untuk menempati kursi kosong di bagian depan agar acara bisa segera dimulai. Terdengar beberapa celetukan dengan nada bercanda, terasa sekali nuansa keakraban antara penyelenggara dalam hal ini KPU Jatim dengan rekan-rekan wartawan. Maklumlah acara semacam ini sudah digelar beberapa kali dan antara KPU dan wartawan tentunya sudah sering bersinergi untuk menyampaikan informasi penting kepada masyarakat terkait pilkada.

Jadwal Debat Pilgub Jatim 2024

Sebelum acara dimulai, para hadirin sudah dipersilahkan untuk menikmati hidangan yang sudah disediakan, tak terkecuali saya. Udara Surabaya yang kurang bersahabat tidak membuat saya lapar tapi rasa haus yang menyerang lebih dari biasanya. Setelah menikmati dua gelas teh dingin, barulah rasa haus lebih mereda. Tapi saya tetap makan kok, karena perjalanan Malang-Surabaya menguras energi juga. Tak lupa saya ambil juga secangkir kopi yang ditambah gula dan krim agar lebih semangat mengikuti acara.

Media Gathering kali ini merupakan kelanjutan dari sebelumnya. Tanpa basa-basi Pak Nur Salam langsung menyampaikan bahwa hari ini adalah sesi tanya jawab. Jadi rekan-rekan wartawan dipersilakan untuk bertanya terkait PilGub Jatim dan kemudian akan dijawab oleh Bapak Nur Salam selaku perwakilan dari KPU Jatim.

Sesi tanya jawab ini berlangsung dengan "renyah" dan akrab karena Bapak Nur Salam menyampaikan jawaban yang diselingi dengan humor. Tak terasa waktu satu setengah jam pun berlalu. Dan berikut ini beberapa catatan yang saya dapat selama mengikuti acara:


Tema debat pilgub Jatim 2024

Debat Pilgub Jatim 2024

Debat Pilgub Jatim akan digelar sebanyak tiga kali di tempat yang berbeda. Debat ini akan disiarkan langsung melalui media yang telah terpilih melalui proses konsorsium sebelumnya. Namun tidddak menutup kemungkinan juga akan ddisiarkan secara langsung oleh media lainnya.

Selain melalui TV dan streaming yang dapat dinikmati secara gratis, debat Pilgub Jatim 2024 juga akan disiarkan melalui radio. Siaran ini sekaligus memenuhi hak saudara-saudara kita yang tunanetra agar dapat mendengarkan debat dari ketiga paslon.

Jadwal dan lokasi debat PilGub Jatim 2024

1. Debat Pertama Pilgub Jatim 2024

Rencananya debat perdana akan dilaksanakan pada 18 Oktober 2024,di Dyandra Convention Center yang beralamat di Jl. Basuki Rahmat 93-105 Surabaya. Secara resmi debat ini akan disiarkan oleh Kompas dan TVRI.

2. Debat Kedua  Pilgub Jatim 2024

Debat kedua akan berlangsung di Jawa Pos Arena yang berlokasi di Jl Ahmad Yani 88 Surabaya. Debat kedua ini akan ditayangkan secara langsung maupun streaming melalui Metro TV dan TV One.

3. Debat Ketiga Pilgub Jatim 2024

Debat ketiga atau debat terakhir dari seluruh rangkaian debat pilgub Jatim 2024 ini rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 18 November 2024 di Grand City Surabaya.

Nah buat teman-teman warga Jatim yang masih bingung akan memilih siapa, wajib nih menonton debat untuk menentukan sekaligus memantabkan pilihan. Karena saya pun begitu, sampai sekarang belum memutuskan hendak memilih siapa dari ketiga pasangan calon (paslon).

Tema Debat Pilgub Jatim 2024

Sejauh ini ada 6 rancangan tema debat yang telah dirilis oleh KPU Jatim, adapun keenam tema tersebut adalah :

1. Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat 
2. Memajukan Daerah 
3. Meningkatkan Pelayanan Masyarakat 
4. Menyelesaikan Persoalan Daerah 
5. Menyerasikan Arah Pembangunan yang selaras dengan daerah dan pusat
6. Memperkokoh Kesatuan NKRI dan Kebangsaan 

Keenam tema tersebut akan menjadi acuan para panelis untuk merumuskan pertanyaan yang akan ditujukan kepeda ketiga paslon. Dari jawaban tersebut kita akan mengetahui sejauh mana pemahaman paslon terhadap kondisi riil di Jawa Timur dan bagaimana mengatasinya.

Panelis Debat Pilgub Jatim 2024

Panelis debat pilgub Jatim direncanakan ada tujuh orang yang diambil dari unsur akademis. Perihal siapa nantinya yang akaan terpilih menjadi panelis, masih digodog oleh KPU Jatim. Bapak Nur Salam mengatakan bahwa Jawa Timur tidak kekurangan orang-orang yang kompeten di bidangnya, sehingga urusan panelis ini tidak akan menjaddi masalah.

Para panelis inilah yang akan merumuskan pertanyaan, menentukan tema debat dan juga menentukan model debat yang akan berlangsung sebanyak tiga kali ini.

Debat akan berlangsung selama 180 menit yang diselingi dengan 30 menit iklan layanan masyarakat, dan akan terbagi dalam 6 segmen termasuk diantaranya segmen pembukaan hingga grand closing di akhir acara.

Update Rencana Rapat Terbuka Pilgub Jatim 2024

Selain pertanyaan tentang debat, muncul juga pertanyaan terkait rapat umum atau yang biasa kita kenal dengan istilah kampanye akbar. Setiap paslon memiliki jatah melaksanakan rapat terbuka sebanyak dua kali, berikut ini adalah update terakhir terkait jadwal rapat terbuka yang dirilis KPU Jatim.

1. Rapat Terbuka Paslon No Urut 1

Rapat terbuka pertama akan dilaksanakan di Gresik pada tanggal 10 November 2024, sedangkan yang kedua akan dilaksanakan di Jombang padda tanggal 23 November 2024.

2. Rapat Terbuka Paslon No Urut 2

Kampanye akbar paslon no urut dua akan dilaksanakan ddi Jember dan Surabaya pada tanggal 10 November 2-24 dan 23 November 2024.

3. Rapat Terbuka Paslon No Urut 3

Paslon dengan no urut tiga akan melaksanakan rapat terbuka di Jember pada 27 Oktober 2024 dan yang berikutnya di Malang pada tanggal 10 November 2024.

Setelah seluruh pertanyaan yang diajukan rekan-rekan wartawan terjawab, sesi selanjutnya adalah doorstop. Meskipun saya duduk di dderetan depan namun kalah cepat dengan rekan-rekan wartawan. Untunglah saya masih bisa mendapatkan foto yang lumayan bagus.

Acara pun berlangsung dengan lancar, kami rombongan blogger berfoto bersama. Tak lupa kami mengajak ibu moderator yang sangat ramah, Ibu Thiwi untuk berfoto bersama.

Jadwal kampanye akbar pilgub jatim 2024

3 Paslon Pilgub Jatim 2024

Oh ya sekedar info, Pemilihan Gubernur Jatim akan berlangsung pada tanggal 27 November mendatang. Ada yang unik pada pemilihan Gubernur Jatim 2024 ini, dimana ketiga calon Gubernur merupakan srikandi atau berjenis kelamin wanita dan calon wakil gubernur ketiga-tiganya berjenis kelamin laki-laki. 

Tiga pasangan calon Gubernur Jatim 2024 yaitu :

1. Luluk Nur Hamidah dan Lukmanul Khakim

2. Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak

3. Tri Rismaharini-KH Zahrul Azhar Asumta

Pilgub Jatim Seneng Bareng

Tagline Pilgub Jatim 2024 "Seneng Bareng" digaungkan untuk mengajak seluruh masyarakat Jawa Timur menyambut gembira pesta demokrasi yang akan berlangsung sebentar lagi. Diharapkan "Seneng Bareng" benar-benar terwujud dengan berlangsungnya pemilihan gubernur secara damai dan tanpa menyisakan persoalan.

Nah itulah beberapa catatan yang saya peroleh saat mengikuti Media Gathering bersama KPU Jatim. Jangan lupa ya, untuk hadir di Tempat Pemungutan Suara pada tanggal 27 November mendatang untuk mencoblos pasangan calon pilihan kita. Semoga pemilihan gubernur Jawa Timur 2024 berlangsung dengan aman, lancar dan terkendali. Salam.

facebook

twitter

pinterest

linkedin

You Might Also Like

0 comments