tekno

Next Level Gaming with ASUS Kecerdasan dan Performa Tak Tertandingi

02:37

Konten [Tampil]

laptop gaming next level asus


Keren banget, kota Malang dipilih sebagai kota pertama Media Roadshow yang digelar ASUS untuk tiga produk next level terbarunya dengan tajuk Next-Level Gaming: Unleash The Power of AI With Next-Level ROG and TUF. Acara ini digelar di hotel Harris pada Kamis 12 September 2024 lalu.

Pemilihan ini bukan tanpa alasan. Menurut data, Jawa Timur adalah salah satu provinsi dengan angka penjualan laptop ROG tertinggi. Dan Malang menjadi salah satu penyumbang utama angka penjualan tersebut.

Seperti yang kita ketahui ROG atau Republic Of Gamers adalah salah satu sub-merk ASUS yang memproduksi secara khusus perangkat gaming. Berdiri sejak tahun 2006, ROG membuktikan eksistensinya sebagai brand Gaming no 1 di Indonesia dengan menduduki posisi tertinggi penjualan sejak tahun 2015.

Ini berarti hampir 10 tahun ROG menduduki puncak pasar laptop gaming di Indonesia. Nama ROG sudah melekat erat di benak para gamer di Indonesia. Dan bukan para gamer saja, masyarakat umum pun akan otomatis merujuk kata ROG begitu ditanya tentang laptop gaming.

3 Produk Next Level Terbaru dari ASUS

Dalam acara Media Roadshow beberapa waktu lalu, ASUS memperkenalkan 3 produknya sekaligus. ASUS menghadirkan dua buah Next-Level AI Gaming Laptop pertama di Indonesia yang ditenagai next level hardware AMD Ryzen™ AI 300 Series terbaru dengan NPU hingga 50 TOPs dan Next-Level Handheld Gaming PC paling powerful di Indonesia. Dan mereka adalah 

1. ROG Zephyrus G16 (GA605)

Disebut sebagai Laptop AI Gaming paling tipis karena ketebalannya hanya 1,49 cm dengan bobot 1,89 kg.

2. TUF Gaming A14 (FA401)

Merupakan  laptop gaming yang tangguh, karena sudah memiliki sertifikasi US Military Grade dengan desain yang ringan dan kompak.

3. ROG Ally X

Merupakan upgrade dari seri sebelumnya, ROG Ally X hadir dengan memori lebih besar, baterai lebih tahan lama dan desain yang lebih sempurna.

media roadshow asus malang 2024

Mengapa Disebut Sebagai Next Level AI Gaming Laptop?

Penggunaan next level hardware  yaitu AMD Ryzen™ AI 300 Series terbaru dengan NPU hingga 50 TOPs pada next level AI Gaming Laptop pertama di Indonesia ini sangat memanjakan para gamer, karena mereka akan bermain menggunakan perangkat yang lebih cerdas dan powerful namun tetap ringan saat dibawa kemana-mana.

Kecerdasan AI yang disematkan pada laptop  ini tentu saja tidak hanya untuk bermain game saja. Dengan kemampuannya, laptop ini  juga bisa digunakan untuk pekerjaan berat lainnya yang membutuhkan komputer.

Itulah sebabnya meskipun disebut laptop gaming, baik ROG maupun TUF juga sangat bisa digunakan oleh beragam profesi lainnya. Kebayang kan bagaimana kerennya ke kantor, ke kampus atau bahkan ke sekolah sambil menenteng ASUS ROG atau TUF? Karena memang spesifikasi mereka membuat pekerjaan ataupun tugas yang membutuhkan spesifikasi komputer tinggi dapat dengan mudah dikerjakan.

Hal ini sangat dipahami oleh ASUS, itulah sebabnya meskipun ROG dan TUF merupakan laptop gaming, namun look-nya tidak gaming banget. Desainnya lebih luwes digunakan baik para gamer atau mereka yang menyukai laptop dengan spesifikasi tinggi.


review ASUS ROG Zephyrus g16 ga605

Next Level ASUS ROG Zephyrus G16 (GA605)

Performa 

ROG Zephyrus G16 (GA605) merupakan laptop gaming AI pertama, ditenagai oleh AMD Ryzen™ AI 300 Series terbaru dengan NPU hingga 50 TOPs dengan arsitektur Zen 5 yang mampu memproses aplikasi berbasis AI dengan performa lebih baik namun tetap hemat daya.

Kolaborasi antara arsitektur grafis AMD RDNA™ 3.5 baru dan grafis AMD Radeon™ Seri 800M terbaru serta GPU NVIDIA® GeForce RTX™ 4070 (321 AI TOPS) membuat laptop ini tetap tangguh meskipun digunakan untuk pekerjaan berat. Baik itu game dengan level AAA yang membutuhkan teknologi terkini maupun pekerjaan komputer lainnya yang membutuhkan  spesifikasi tinggi.

Sistem operasi yang disematkan adalah Windows 11 yang menawarkan standar baru untuk sistem operasi. Dengan tampilan lebih segar yang mendukung kecepatan dan kinerja lebih baik.

Untuk mendukung kinerja prosessornya yang canggih Zephyrus G16 ini dilengkapi dengan RAM yang besar, yaitu 16 GB LPDDR5X dengan dua slot memori sehingga bisa diupgrade hingga 32 GB. Sedangkan penyimpanannya terdiri dari dua slot 1TB PCIe® 4.0 NVMe™ sehingga bisa ditingkatkan menjadi 2TB.

Desain

Menggunakan bahan campuran alumunium yang ringan, ada dua pilihan warna elegan yang bisa dipilih yaitu Platinum White dan Eclipse Grey.

Laptop ini memiliki layar 16 inchi dengan ketebalan hanya 1,49 cm dan bobot 1,89 kg. Pantas saja disebut sebagai laptop AI gaming paling tipis yang ada saat ini. Pada bagian punggung atau penutup mesinnya terdapat slash lighting yang memberi tampilan lebih modern dan memiliki 15 mode animasi yang telah terprogram.


Review ASUS ROG Zephyrus G16 (GA605)

Layar

Menggunakan ROG Nebula Display dengan panel OLED yang memiliki waktu respon 0,2 ms, contrast rasio 1000.000 :1 yang membuat gambar terlihat lebih terang dan tajam serta resolusi 2,5 yang memberikan kejernihan sejati. Dengan kecerahan hingga 500 knits dan refresh rate hingga 240 Hz membuat tampilan layar anda lebih smooth.

Baterai

Memiliki baterai 90Wh yang didukung pengisisan cepat. Untuk mengisi baterai dari 0% hingga 50% hanya dibutuhkan waktu 30 menit saja.

Keyboard

Desain terbaru dari Keyboard Zephyrus 2024 ini adalah touchpadnya yang lebih besar 37%, dengan keypad yang 12% lebih besar pula. Untuk ketahannanya bisa diuji, karena klaimnya keypad dapat digunakan hingga 20 juta tekanan. Dan anda pun akan mengetik lebih nyaman tanpa mengganggu orang-orang disekitar anda karena keyboard ini merupakan silent keyboard rollover yang mengeluarkan suara kurang dari 30dB.

Memiliki Aura Sinc yang memungkinkan anda mengatur warna pada keyboard. Terdapat pula Copilot Key yang akan menjadi asisten cerdas anda setiap waktu.

Konektivitas

Laptop ini terhitung memiliki konektivitas yang lengkap untuk mendukung kinerja Anda. Ada dua port USB tipe C yang mendukung output display dimana salah satunya mendukung USB 4 dan dsiplay port 2.1.Terdapat pula 1 buah port HDMI dan 2 port USB 3.2 Gen 2 tipe A. dilengkapi dengan 1 buah card reader SD Express 7.0 dan 3,5 mm Combo Audio Jack.

Sistem Pendinginan

Zephyrus G16 memiliki peningkatan sisstem pendinginan yang signifikan, dimana penambahan yang ada saat ini belum ada di seri sebelumnya. ODB Ambient cooling memungkinkan suara benar-benar senyap pada pekerjaan ringan, namun kipas akan bekerja kembali pada saat dibutuhkan. Tri Fan teknologi yang disematkan ddapat mengalirkan udara langsung ke komponen internal agar udara tetap dingin.

Arc Flow Fans generasi kedua yang digunakan memiliki 84 bilah kipas yang meningkatkan aliran udara sebesar 11 persen namun bisa hemat daya hingga 16%. Dilengkapi pula dengan dust filter yang dapat membuang debu yang masuk ke area mesin, sehingga mesin lebih bersih dan awet.

Zephyrus G16 juga dilengkapi dengan dua buah exhaust vents dimana yang satu berada di dekat kaki karet laptop untuk mengeluarkan udara ke bawah, dan satunya lagi berada di bawah engsel layar. Dan keyboardnya yang didesain ulang dapat mengalirkan udara ke komponen utama sistem sehingga meningkatkan sistem pendinginan pada laptop.


Spesifikasi ASUS ROG Zephyrus g16 GA605

Kesimpulan

Zephyrus G16 merupakan laptop gaming cerdas yang tidak saja memberikan pengalaman bermain game ke tingkat selanjutnya namun juga dapat digunakan untuk pekerjaan yang membutuhkan kemampuan komputer tingkat tinggi. Hal ini membuat laptop ini bisa digunakan oleh beragam profesi. Dapatkan laptop canggih ini di store ASUS terdekat di kota Anda.



facebook

twitter

pinterest

linkedin

You Might Also Like

0 comments