travel

Sekelumit Kisah KBA Lenggoksono dan Potensinya yang Tiada Habisnya

21:09

Konten [Tampil]
KBA Lenggoksono pantai Banyu Anjlok


Salah satu Kampung Berseri Astra dari Jawa Timur yang banyak menarik perhatian adalah Kampung Berseri Astra Lenggoksono yang berlokasi di dusun Lenggoksono, Desa Purwodadi Kecamatan Tirtoyudo Kabupaten Malang. Sebagian daerah Lenggoksono merupakan pesisir pantai dan sebagian lainnya merupakan pegunungan sehingga memiliki potensi yang unik, yaitu daerah wisata pantai namun hasil kebunnya berupa kopi dan cengkeh yang identik dengan daerah pegunungan.

Jarak KBA Lenggoksono dari kota Malang lebih dari 70 KM, untuk sampai disana dibutuhkan waktu kurang lebih 2,5 jam dengan medan yang berliku. Walaupun begitu tak menghalangi KBA Lenggoksono untuk terus maju dan berprestasi.

Perjalanan yang jauh menuju KBA Lenggoksono tak akan terasa karena sepanjang perjalanan kita akan disuguhi dengan pemandangan alam yang indah. Jika musimnya tiba, aroma bunga kopi akan mengawal kita menuju KBA Lenggoksono yang sarat potensi ini.

Sekelumit Kisah dari Lenggoksono


Berawal dari tahun 2017, seorang pemuda asli dari Lenggoksono yang peduli terhadap karang di sekitar Lenggoksono yang dinobatkan menjadi lokal champion. Gelar tersebut ternyasta menjadi lecutan bagi Agung Triono uantuk menjadikan Lenggoksono lebih baik lagi dengan potensi yang sudah disediakan oleh alam.


Agung Triono Lokal Champion dari KBA Lenggoksono

Usaha dan kerja keras itu terwujud dengan masuknya Lenggoksono menjadi nominasi Kampung Berseri Astra pada Januari 2021. Dan pada bulan berikutnya, yaitu Februari 2021 Lenggoksono dinobatkan menjadi salah satu Kampung Berseri Astra.

Pada Agustus 2023, Bowele yang juga merupakan bagian dari Lenggoksono mendapatkan posisi ke empat dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia.

Pada Oktober 2023, Lenggoksono kembali meraih prestasi dengan dinobatkannya KBA Lenggoksono sebagai salah satu Kampung Iklim Tingkat Nasional kategori utama. Penghargaan ini diperoleh karena Agung Triono bersama masyarakat setempat telah berghasil menerapkan upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim secara berkesinambungan melalui kegiatan yang dilaksanakan di KBA Lenggoksono.

Dan yang terbaru, kembali Agung Triono menjadi 5 besar nominator penghargaan Local Champion KBA-DSA Innovation 2024 berkat konsistensinya dalam menggerakkan para pemuda di lingkungannya untuk menerapkan Inovasi Hijau : Pemuda sebagai Agen Perubahan dalam Pelestarian Lingkungan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM). Semoga di Akhir Agustus nanti nama Agung Triono yang akan keluar menjadi pemenang.

4 Pilar CSR Astra di Lenggoksono

Kampung Berseri Astra selalu didorong untuk mampu menerapkan 4 pilar CSR Astra untuk kemajuan daerahnya. Begitupun dengan KBA Lenggosksono yang sangat aktif dan seakan-akan tiddak kehabisan stok dalam menerapkan 4 pilar ini di masyarakat, berikut ini beberapa contoh diantaranya.

1. Pilar Kesehatan

Untuk mewujudkan pilar kesehatan ini telah dilaksanakan pemeriksaan kesehatan untuk balita hingga remaja dan pembagian makanan bergizi untuk  pencegahan stunting yang dilaksanakan di KBA Lenggoksono.

2, Pilar Pendidikan

KBA Lenggoksono memiliki sanggar pasinaon Maritim yang memiliki banyak kegiatan untuk anak mulai uusia balita ghingga pemuda. Kegiatan tersebut antara lain menari, membaca, bermain musik, permainan tradisional seperti lesung dan egrang dan edukasi tentang konservasi terumbu karang dan kelestarian lingkungan.

3. Pilar Kewirausahaan

Bekerja sama dengan pengurus Bursa Jawa Timur untuk pengembangan paket wisata. Mengembangkan kopi lokal dengan pengemasan yang lebih menarik sehingga bisa dijadikan buah tangan maupun dibeli secara online. Dan produk lainnya yang merupakan olahan dari bahan lokal.

4. Pilar Lingkungan

Para pemuda KBA Lenggoksono bersama-sama melakukan pembersihan sungai dan pesisir pantai serta menggalakkan gerakan malu membuang sampah sembarangan untuk menjaga kebersihan. Pengolahan sampah organik menjadi pupuk. Pengumpulan sampah anorganik untuk kemudian disalurkan ke pengepul samapah anorganik agar bisa di daur ulang.

Nah itulah sebagian dari penerapan 4 pilar CSR Astra yang terus berjalan di KBA Lenggoksono. Perwujudan pelaksanaan keempat pilar tersebut tidak hanya dinikmatri oleh warga setempat saja, namun bisa juga dinikmatio oleh masayarakat luas melalui berbagai paket wisata.

KBA Lenggoksono menawarkan berbagai macam paket wisata seperti paket wisata kebudayaan, paket wisata bahari dan paket wisata edukasi untuk pelajar mulai dari SD hingga SMA.

Ada Apa di KBA Lenggoksono ?

Beberapa wisata di KBA Lenggoksono yang dddapat anda nikmati seperti :

1. Pantai Lenggoksono

Merupakan pantai yang indah dan bersih. Keindahan alamnya mampu mengobati jauhnya perjalanan untuk mencapai pantai yang memiliki pemandangan alam yang memukau ini.

2. Pantai Banyu Anjlok

Pantai ini terkenal karena keunikannya yaitu memiliki sebuah air terjun yang airnya langsung mengalir ke laut.

3. Pantai Wedi Awu

Keistimewaan pantai ini adalah pasirnya yang berwarna putih dan ombak di pantai ini yang sangat cocok untuk berselancar.

4. Rumah Karang

Yaitu spot snorkeling yang menawarkan pemandangan bawah laut yang menakjubkan.Terumbu karang yang berwarna-warni dan air yang jernih merupakan bukti bahwa area ini masih terjaga kelestariannya.

5. Susur Sungai

Tak hanya wisata pantai, Lenggoksono juga memiliki wisata susur sungai yang berciri khas sungai pegunungan dengan airnya yang dingin. Tak hanya menyusuri sungai, anda juga bisa memancing, dan berenang di sini.

6. Wisata Budaya ke Sanggar Pasinaon Maritim

Di sanggar ini anda bisa menikmati permainan tradisional seperti egrang, congkal/dalkon dan bola bekel selain itu juga bisa menikmati musik angklung yang memikat.

Sanggar Pasinaon Maritim Lenggoksono

7. Edukasi Ternak

Edukasi tentang hewan ternak antara lain ayam, babi, kambing dan sapi yang dapat andda lihat langsung.

8. Mengikuti Aksi Lingkungan

KBA Lenggoksono memiliki agenda khusus dalam upaya pelestarian lingkungan. Anda juga bisa mengikutinya.

9. Menikmati olahan pangan lokal

KBA Lenggoksono juga memiliki beberapa olahan pangan lokal yang lezat. Selain itu anda juga bisa mendapatkan cenderamata yang bisa anda jadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Nah itulah sedikit cerita tentang KBA Lenggoksono dengan segala potensinya. Beruntung Lenggoksono memiliki Agung Triono sang Lokal Champion dan pemuda desa lainnya yang selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik untuk desanya.
Semoga semangat para pemuda Lenggoksono ini juga menular di daerah-daerah di sekitarnya. Sehingga tidak hanya sektor ekonomi yang bisa terangkat, namun juga kelestarian alam akan terus terjaga. Untuk informasi lebih lengkap tentang KBA Lenggoksono, anda bisa mengikuti media sosialnya yaitu @kba_lenggoksono. Semoga bermanfaat ya.
 

facebook

twitter

pinterest

linkedin

You Might Also Like

0 comments