beauty

Mengenal Istilah Seputar Parfum

20:54

Konten [Tampil]
Daftar istilah parfum


Siapa sih yang tidak mengenal parfum? Walaupun ada bagian sejarahnya yang kurang menyenangkan namun parfum saat ini sudah menjadi pelengkap fashion yang tidak bisa ditinggalkan. Memang ada sebagian orang yang tidak menggunakan parfum karena alasan pribadi, namun wewangian dari sumber selain pengharum tubuh masih digunakan meskipun dengan kadar yang rendah.

Parfum atau perfume selain memberikan aroma wangi tapi juga memiliki keunikan lain yaitu kemasannya yang berupa botol dengan bentuk yang unik. Botol parfum unik ini banyak yang dijadikan koleksi oleh penggemarnya. Tak heran jika ada yang membeli merk parfum tertentu dikarenakan oleh botol parfum unik tersebut.

Pembahasan tentang parfum mencakup persoalan yang luas. Mulai dari sejarahnya, jenis-jenisnya, macam-macam aromanya dan lain-lain. Parfum juga berhubungan erat dengan indera tubuh kita yang unik yaitu hidung. Rasanya tak cukup hanya dengan satu artikel jika kita ingin menyajikan ulasan yang lengkap soal parfum.

Agar tidak bertanya-tanya apabila membaca sebuah ulasan tentang parfum, alangkah lebih baiknya jika kita mengetahui istilah yang berhubungan dengan parfum. Berikut ini beberapa diantaranya.

Istilah Populer Seputar Parfum

1. Sillage

Sillage adalah aroma yang tercium ketika pengguna parfum bergerak atau berpindah lokasi. Berkat adanya sillage atau yang dibaca si-yaz ini kita bisa mencium wanginya orang yang sedang lewat di sekitar kita.

Aroma yang tercium atau sillage  ini biasanya merupakan top notes dari sebuah parfum yang tersebar di udara. Apa itu top notes? akan dijelaskan kemudian ya. Tinggi rendahnya sillage  parfum bergantung pada cuaca atau bisa juga titik penyemprotan parfum. Semakin tinggi sillage suatu parfum maka semakin lama pula aroma tersebut ada di udara.

Cara mengetes sillage salah satunya dengan menyemprotkan parfum dalam sebuah ruangan kemudian tinggalkan ruangan tersebut. Kemudian kembalilah beberapa waktu kemudian.

2. Projection

Projection adalah seberapa jauh aroma parfum tersebar atau dengan kata lain projection merujuk pada jarak terciumnya aroma parfum dari penggunanya. Projection  dapat berbeda terhadap setiap orang, namun umumnya jarak 4-5 meter sudah dianggap sebagai sebuah jarak yang baik.

3. Longevity

Longevity  merujuk pada berapa lama aroma parfum bertahan atau bisa dikatakan sebagai daya tahan parfum. Sama dengan kedua sifat sebelumnya, daya tahan parfum ini juga berbeda untuk setiap orang tergantung pada aktivitas, titik penyemprotan hingga kondisi kulit. Selain itu longevity juga tergantung pada jenis wewangian atau parfum yang dipakai.

4. Cloying

Cloying adalah suasana atau bau yang tidak menyenangkan yang disebabkan oleh parfum. Memang sih salah satu tujuan memakai parfum adalah agar aroma tubuh kita lebih wangi dan memberikan kesan menyenangkan (pleasant).  Tapi adakalanya parfum justru mengaakibatkan aroma yang sebaliknya, itulah yang disebut cloying.

Cloying literally berarti bau yang terlalu manis yang menyebabkan aroma tidak enak hingga membuat mual. Itulah sebabnya cloying seringkali meninggalkan aroma (seolah-olah) menempel di dalam mulut yang susah dihilangkan.

Cloying bisa disebabkan oleh komposisi parfum yang kurang tepat, pemakaian parfum di tempat yang salah seperti ruangan tanpa ventilasi atau tempat konser yang bpenuh dengan pengunjung, atau bisa jiuga disebabkan oleh pemakaian parfum yang terlalu banyak.

5. Versatile

Versatile yaitu parfum yang cocok digunakan di segala situasi, cuaca maupun suasana, bisa juga disebut sebagai parfum yang serbaguna atau fleksibel. 

6. Cruts

Merupakan istilah yang muncul dari para reviewer parfum di Indonesia. Mereka menyebut berapa kali semprotan dengan berapa cruts

7. Decant Parfum

Decant Parfum adalah memindahkan parfum dari botol besar ke botol kecil atau dengan kata lain memindahkan parfum dari botol asli ke botol lainnya dengan ukuran yang lebih kecil hingga menjadi beberapa bagian. Decant parfum  ini biasanya dilakukan oleh toko parfum atau penjual parfum bukan oleh pabrik dengan tujuan untuk menjualnya dalam volume yang lebih kecil.

Decant parfum  ini juga dimanfaatkan oleh kolektor parfum untuk memiliki berbagai macam parfum tanpa harus membeli dalam ukuran sebenarnya.

8. Vial

Vial  adalah parfum dalam kemasan/botol yang lebih kecil yang memang dilakukan oleh pabrik parfum dengan tujuan untuk dijadikan sample. Terkadang vial juga diberikan secara cuma-cuma sebagai bonus saat kita membeli parfum. Karena dibuat oleh pabrik, maka pada kemasan vial  juga terdapat nama dan logo brand

Nah itulah beberapa istilah parfum yang bisa menambah pengetahuan kita. Saya telah menuliskan beberapa review parfum. Anda bisa mencarinya melalui fitur pencarian yang ada di blog ini ya. Semoga bermanfaat.


facebook

twitter

pinterest

linkedin

You Might Also Like

1 comments