kesehatan

Mitos atau Fakta Wanita Pendek Lebih Sulit Menurunkan Berat Badan?

15:00

Konten [Tampil]

wanita pendek lebih sulit menurunkan berat badan

Menurut Anda, mitos atau fakta : wanita pendek lebih sulit menurunkan berat badan. Wah saya sedikit terkejut ya saat pertama kali membacanya, masa iya wanita pendek lebih sulit menurunkan berat badan.

Saya pikir yang menjadi pembeda mudah atau sulitnya menurunkan berat badan itu seputar usia, jenis kelamin, hormon dan gaya hidup saja. Dimana semakin dewasa seseorang maka akan semakin sulit menurunkan berat badan. Sedangkan hormon tertentu jika berlebihan di dalam tubuh akan menyebabkan penimbunan lemak.

Menurut jenis kelamin diketahui bahwa wanita lebih sulit menurunkan berat badan karena pada tubuh wanita lebih sedikit mengandung massa otot bila dibandingkan dengan pria. Dan gaya hidup termasuk didalamnya konsumsi makanan dan aktivitas jelas-jelas mempengaruhi terhadap berat badan. Namun tinggi badan mempengaruhi turunnya berat badan? Baru-baru ini saja saya mengetahuinya. Mari kita kuak sedikit demi sedikit. 

Namun, sebelum lebih jauh menguak mitos atau fakta wanita pendek lebih sulit menurunkan berat badan, mari kita uraikan satu-persatu fakta yang kita temui seputar tubuh orang pendek termasuk didalamnya wanita pendek.

Fakta Seputar Wanita Pendek

1. Wanita Lebih Sulit Menurunkan Berat Badan Dibanding Pria

Secara hormonal wanita lebih mudah menimbun lemak dibanding pria. Hal ini dikarenakan pria memiliki banyak otot karena memproduksi hormon testosteron yang jauh lebih tinggi bila dibandingkan wanita. Adanya massa otot yang lebih banyak ini membuat pria secara otomatis membutuhkan lebih banyak kalori.

Meskipun mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang banyak, kalori akan ditimbun oleh pria di dalam otot. Berbeda dengan wanita yang massa ototnya lebih sedikit. Saat makan lebih banyak kalori maka akan ditimbun dalam bentuk lemak yang mengakibatkan wanita lebih rentan menaikkan berat badan. Inilah salah satu sebab wanita lebih sulit menurunkan berat badan.

Ditambah lagi, pada wanita yang mengalami kegemukan akan lebih sulit menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakaan pada wanita gemuk kadar estrogennya akan menurun. Padahal hormon estrogen termasuk dalam hormon yang mengatur metabolisme. Sumber lain juga menyebutkan bahwa kekurangan estrogen dapat menyebabkan penambahan berat badan yang berlebihan.

2. Wanita Pendek harus Mengkonsumsi Kalori Jauh Lebih Sedikit untuk Menurunkan Berat Badan

Jika memiliki faktor lain yang sama dengan wanita yang tinggi, maka wanita pendek harus mengkonsumsi lebih sedikit kalori untuk menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan 'jatah konsumsi kalori' wanita pendek lebih sedikit bila dibandingkan dengan wanita yang lebih tinggi. Dengan kata lain, untuk menurunkan berat badan, wanita pendek harus lebih berusaha keras untuk diet dibandingkan dengan wanita tinggi.

3. Wanita Lebih Tinggi Memiliki Massa Otot Lebih Banyak

Secara alamiah, wanita lebih tinggi memiliki massa otot lebih banyak bila dibandingkan dengan wanita pendek. Jumlah massa otot ini sangat mempengaruhi metabolisme, dimana semakin banyak massa otot maka akan lebih cepat membakar lemak. Oleh karena itu wanita pendek harus lebih banyak melakukan aktivitas untuk membakar lemak yang sama dibandingkan dengan wanita tinggi.

Sebagai contoh wanita dengan tinggi dibawah 150 cm, saat tidur berbaring bisa membakar 1200 kalori. Sedangkan wanita dengan tinggi diatas 150 cm saat tidur berbaring bisa membakar 1400 kalori. Dan pada wanita yang lebih tinggi yaitu 177 cm, saat tidur berbaring bisa membakar kalori hingga 1750 sehari.

Mitos atau Fakta Wanita Pendek Lebih Sulit Menurunkan Berat Badan?

Merunut pada fakta-fakta yang ada memang secara tidak langsung tinggi badan dapat mempengaruhi penurunan berat badan. Dimana pada wanita pendek dibutuhkan usaha yang lebih atau usaha ekstra untuk menurunkan berat badan dibandingkan dengan wanita tinggi. Untuk asupan kalori, wanita pendek harus lebih sedikit mengkonsumsinya begitu juga dengan aktivitas. Untuk mendapatkan dampak yang sama, wanita pendek harus lebih banyak mengeluarkan energi dibandingkan dengan wanita yang lebih tinggi.

Sebagai wanita pendek mau tak mau harus mengakui itu, dan kalau memang benar ingin menurunkan berat badan maka harus diiringi kemauan yang kuat dan harus konsisten. Pasti ada jalan bagi yang ingin mencapainya.

Untuk mempermudah menurunkan berat badan, lebih dahulu kita harus melihat fakta yang ada di depan mata seperti berapa berat Anda saat ini dan bagaimana pola hidup yang selama ini kita jalani. Jika sudah maka kita dapat menemukan langkah-langkah realistis agar berat badan kita lebih cepat turun. Berikut ini tips menurunkan berat badan secara realistis.

Tips cepat menurunkan berat badan

Tips Lebih Cepat Menurunkan Berat Badan

1. Tentukan Target

Pertama kita harus tahu berapa kilo berat badan yang akan kita hilangkan, kemudian tentukan juga berapa lama akan dicapai. Dengan cara ini kita akan tahu berapa target penurunan berat kita misalnya saja 0,5 kg atau 1 kg dalam satu bulan. 

Cara ini juga membuat kita memilih cara yang lebih sehat untuk menurunkan berat badan sehingga efek yang ditimbulkan pun bertahan lebih lama.

2. Terapkan Pola Makan Teratur

Makan dengan teratur, misalnya 3x sehari lebih memudahkan kita untuk menurunkan berat badan dibandingkan dengan pola makan yang tidak teratur karena dapat mendorong kita untuk mengkonsumsi lebih banyak.

3. Perbanyak Asupan Sayur dan Buah

Selain membuat tubuh lebih sehat, konsumsi buah dan sayuran yang cukup akan membuat konsumsi kalori kita lebih sedikit. Hal itu dikarenakan serat, vitamin dan mineral dalam buah dapat membuat kita kenyang lebih lama.

4. Konsumsi Makanan Tinggi Karbohidrat Kompleks

Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks tinggi akan membuat kita kenyang lebih lama. Dengan demikian kita tidak mudah terdorong untuk makan dan ngemil. Makanan tinggi karbohidrat kompleks yang kaya serat misalnya nasi merah, roti gandum utuh dan pisang. Sebaiknya anda juga harus mengurangi konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat sederhana dari makanan yang banyak mengandung tepung dan gula seperti kue kering, mi dan roti.

5. Konsumsi Lebih Banyak Protein

Protein juga dapat memberikan efek kenyang lebih lama. Itulah sebabnya protein sangat baik dikonsumsi oleh Anda yang ingin menurunkan berat badan. Makanan yang mengandung protein antara lain daging sapi, dada ayam, telur, kacang dan ikan.

6. Perbanyak Minum Air Putih

Terkadang dehidrasi atau tubuh kekurangan cairan itu rasanya menyerupai lapar. Jadi, saat anda merasa lapar belum tentu anda benar benar kelaparan, bisa jadi  tubuh Anda kekurangan air. Dengan minum air secukupnya dapat mengurangi keinginan kita untuk makan berlebih. Begitu juga dengan minum satu gelas air sebelum makan dapat menahan kita agar tidak mengkonsumsi kalori secara berlebihan.

7. Hindari Minuman Manis

Tahukah anda bahwa minuman manis itu membuat ketagihan? Lebih baik tidak memiliki kebiasaan minum minuman manis, karena minuman manis itu mengandung kalori yang lebih tinggi sehingga dapat menambah berat badan.

8. Cukupi Waktu Tidur Anda

Rasa lelah dan kecapekan membuat orang malas berolah raga. Selain itu kurangnya jam tidur kita juga meningkatkan produksi hormon ghrelin yang menimbulkan rasa lapar. Oleh karena itu jika anda berniat menurunkan berat badan sebaiknya memiliki waktu tidur yang cukup yaitu 7-8 jam perhari.

9. Kelola Stress

Saya termasuk ke dalam golongan stress eating yaitu orang yang mengalihkan rasa stress terhadap makanan. Perasaan ingin makan terus menerus saat stress ini muncul karena pada saat stress tubuh memproduksi hormon kortisol yang dapat meningkatkan nafsu makan.

Dan biasanya pada saat mengalami stress eating ini cenderung mengkonsumsi makanan yang tidak sehat seperti snack, dan gorengan. Kalau memungkinkan, hindari stress eating ini dengan melakukan aktivitas lain seperti bersepeda, jalan-jalan atau jogging.

10. Olahraga Rutin

Agar dapat melakukan olahraga secara rutin, lebih baik pilih olahraga yang anda sukai. Untuk menurunkan berat badan, anda dapat melakukan olahraga seperti bersepeda, angkat beban, ldan jogging. Olahraga dapat mempercepat metabolisme yang dapat mempercepat pembakaran kalori dalam tubuh.

Nah itulah beberapa tips yang ddapat kita lakukan agar lebih cepat menurunkan berat badan. Dengan melakukan kegiatan yang disebutkan di atas memang hasilnya tidak instan. Oleh karena itu dibutuhkan disiplin untuk melakukannya. Namun jika anda menginginkan hasil yang lebih cepat, anda bisa meminta bantuan kepada ahli yang kompeten seperti ke dokter atau ahli gizi.

Artikel ini adalah salah satu dari rangkaian artikel yang berhubungan dengan wanita pendek seperti saya. Jika ingin membaca artikel lainnya silakan mengulik blog ini lebih dalam. Artikel lain yang bisa anda baca contohnya Masalah Kesehatan yang Rentan dialami Orang Pendek . Selamat membaca.


facebook

twitter

pinterest

linkedin

You Might Also Like

0 comments