bisnis

Manfaat Strategi Problem Solving, Baiknya Dikuasai Setiap Orang!

21:02

Konten [Tampil]
Manfaat memiliki kemampuan problem solving


Strategi problem solving merupakan bagian dari kehidupan manusia yang tentunya tidak dapat dipisahkan. Karena dalam menjalani hidup pasti ada kalanya mengalami sebuah masalah dan tentunya harus mencari jalan keluar dari kondisi tersebut. Apalagi jika Anda memegang peranan yang penting di dalam perusahaan, sebut saja berperan sebagai pimpinan. Maka masalah yang dihadapi sudah pasti lebih banyak, serta harus mengambil keputusan terbaik dalam menyelesaikannya.

Manfaat Problem Solving

Kemampuan dalam pemecahan atau menyelesaikan masalah ini memang penting dikuasai oleh siapa saja tanpa terkecuali, karena keahlian tersebut nantinya akan memberikan banyak manfaat bagi Anda, diantaranya adalah:

1. Mengembangkan kemampuan dalam berpikir kritis.

Memecahkan sebuah masalah pada dasarnya membutuhkan sebuah kemampuan untuk melakukan analisis secara mendalam, melakukan evaluasi sampai dengan pemikiran yang kritis. Sehingga ketika Anda ahli di dalam menyelesaikan sebuah masalah, maka secara otomatis nantinya hal ini akan ikut meningkatkan skill dalam berpikir secara kritis, dimana hal tersebut tidak dimiliki oleh semua orang.

2. Meningkatkan kreatifitas

Selain bisa membantu untuk meningkatkan kemampuan dalam berpikir secara kritis, ternyata keahlian ini juga akan meningkatkan kreatifitas Anda. Karena nantinya dituntut untuk mencari berbagai solusi yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Jadi bagaimanapun hal ini nantinya akan membantu Anda dalam meningkatkan kemampuan untuk bisa berpikir kritis, sehingga dapat menghasilkan sebuah solusi yang inovatif.

3. Meningkatkan efisiensi

Selanjutnya kondisi ini juga akan berguna membuat Anda menjadi lebih efisien. Karena dengan kemampuan dalam menyelesaikan sebuah permasalahan, maka secara otomatis hal tersebut juga akan membuat semua tugas sehari-hari nantinya akan terselesaikan secara lebih baik, menghemat waktu sekaligus tenaga. 

4. Meningkatkan kemampuan dalam berkomunikasi

Strategi problem solving yang handal juga tidak jauh-jauh dari kemampuan dalam berkomunikasi. Karena bagaimanapun nantinya Anda dituntut untuk bisa menjalin komunikasi dengan berbagai pihak secara lebih baik, tujuannya tak lain adalah agar permasalahan tersebut menjadi lebih cepat terselesaikan. Keterampilan dalam berkomunikasi ini penting untuk setiap orang.

5. Meningkatkan kepercayaan diri

Jika Anda mampu untuk menyelesaikan masalah dengan baik dan hasilnya sukses, secara otomatis hal ini tentunya akan ikut berdampak pada meningkatnya rasa percaya diri bukan. Percaya bahwa kedepannya ketika mengalami sebuah permasalahan yang baru, maka dapat diselesaikan dengan baik juga, rasa percaya akan kemampuan diri sendiri.

6. Bisa mengambil keputusan dengan baik

Manfaat lain yang juga akan dirasakan adalah Anda yakin bahwa bisa mengambil keputusan secara baik atau tepat. Karena dengan hasil yang positif nantinya akan membuat Anda menjadi lebih tahu terkait dengan arahan-arahan ini, termasuk diantaranya adalah cara agar bisa mengambil keputusan secara tepat.

Manfaat strategi problem solving ddan cara meningkatkan kemampuan problem solving

Cara Meningkatkan Kemampuan Problem Solving

Kemampuan di dalam penyelesaian masalah ini pada dasarnya bisa terus Anda kembangkan atau tingkatkan, diantaranya dengan beberapa tips berikut ini, yaitu:

1. Dapat mengidentifikasi masalah secara jelas

Akan sulit untuk mengetahui bagaimana langkah penyelesaian sebuah masalah, jika Anda sendiri bahkan tidak dapat mengidentifikasi terkait dengan masalah tersebut, baik itu sumber sampai dengan dampaknya juga.

2. Berpikir secara kreatif

Menemukan solusi yang tepat dalam memecahkan sebuah masalah memang menuntut Anda untuk paling tidak mampu berpikir kreatif serta inovatif, yaitu dengan menemukan hal-hal baru yang mungkin dapat digunakan untuk bisa terlepas dari permasalahan tersebut.

3. Tenang dan selalu berpikir positif

Memiliki pemikiran yang positif pada dasarnya sangatlah penting digunakan untuk keluar dari sebuah masalah. Karena terkadang ketika sudah terjebak di dalam sebuah masalah, maka seseorang tidak lagi mampu untuk berpikir secara jernih.

4. Fokus pada solusi bukan masalahnya

Masalah yang sudah terjadi biarlah, sekarang fokus Anda adalah mencari solusi terbaik, bukan dengan terjebak dan menyesalinya.

Strategi problem solving ini dapat dipelajari serta ditingkatkan kemampuannya, diantaranya adalah dengan ikut program pelatihan, ada banyak lembaga yang membuka kelas khusus ini, termasuk salah satunya adalah Prasmul-ELI. Langsung akan dibimbing oleh mentor sekaligus juga praktisi yang sudah berpengalaman, sehingga tidak perlu khawatir akan kualitasnya.

facebook

twitter

pinterest

linkedin

You Might Also Like

0 comments