kesehatan

Makanan yang Mengandung Nutrisi Penting Untuk Pertumbuhan

15:20

Konten [Tampil]

Makanan untuk tumbuh tinggi

Untuk mengalahkan faktor genetik yang mempengaruhi tinggi badan, salah satu caranya adalah dengan mengoptimalkan nutrisi. Untuk itu penting kiranya mengetahui nutrisi apa saja yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan makanan yang mengandung nutrisi tersebut.

Hal lain yang juga harus diperhatijkan adalah angka kecukupan gizi. Angka Kecukupan Gizi yang Dianjurkan untuk Masyarakat Indonesia atau AKG adalah rata-rata jumlah zat gizi tertentu yang dibutuhkan setiap hari. Besarnya AKG ini tergantung pada usia, jenis kelamin, kondoso fisiologis dan tingkat aktivitas fisik seseorang untuk hidup sehat.

Ini berarti untuk menjaga tubuh agar tetap sehat, setiap harinya kita harus mengkonsumsi zat gizi yang jumlahnya sesuai dengan kebutuhan tubuh. Pertumbuhan dan kepadatan tulang pada akan mencapai puncaknya pada masa remaja, setelah itu semakin berkurang dan pertrumbuhan pun terhenti pada usia tertentu. 

Anak laki-laki akan mengalami pertumbuhan hingga usia 20-21 tahun sedangkan anak perempuan akan berhenti pertumbuhannya di usia 18 tahun. Datangnya masa pubertas anak laki-laki dimulai pada usia 9-14 tahun sedangkan anak perempuan di usia 8-13 tahun. Anak perempuan mengalami puncak pertumbuhannya sesaat sebelum mengalami datang bulan pertama (menarche). 

Saat-saat seperti inilah yang harus menjadi perhatian penuh orang tua, agar dapat mengoptimalkan tinggi badan anak. Dan buat yang perempuan agar tidak menjadi wanita pendek sepeerti saya.

Baiklah berikut ini adalah daftar makanan yangmengandung berbagai nutrisi penting yang sangat dibutuhkan pada masa pertumbuhan.

Makanan yang Mengandung Nutrisi Penting Untuk Pertumbuhan

1. Susu

Susu sapi dan kambing termasuk dalam golongan susu yang paling baik karena kandungan kalsiumnya yang tinggi. Satu gelas susu sapi mengandung 275-300 mg kalsium, sedangkan pada satu cangkir susu kambing mengandung 330 mg kalsium yang setara dengan 30% kebutuhan kalsium setiap harinya.

Selain mengandung kalsium, susu juga mengandung fosfor, vitamin A dan vitamin D. Diketahui bahwa kalsium yang berasal dari susu lebih mudah diserap oleh tubuh dan 99% diantaranya berada di dalam tulang. Itulah mengapa kalsium sangat penting untuk pertumbuhan.

Kebutuhan Kalsium Harian Berdasarkan Usia

Bayi usia 0-2 bulan membutuhkan 200 mg kalsium
Bayi 6-11 bulan membutuhkan 270 mg kalsium
Anak 1-3 tahun membutuhkan 670 mg kalsium
Anak 4-9 tahun membutuhkan 1000 mg
Pria dan Wanita 10-18 tahun membutuhkan 1200 mg kalsium
Pria dan Wanita 19-49 tahun membutuhkan 1000 mg kalsium
Pria dan Wanita >50 tahun membutuhkan 1200 mg kalsium

2. Sayur-sayuran hijau

a. Brokoli

Brokoli merupakan salah satu sayur yang mengandung kalsium tinggi. Dalam satu porsi brokoli yang setara dengan 120 gr, brokoli mengandung kalisum sebanyak 60 mg. Selain itu brokoli juga mengandung vitamin K yang juga memiliki peran penting dalam kepadatan tulang. Orang dewasa maupun anak-anak yang kekurangan vitamin K, maka kepadatan tulangnya rendah. Vitamin K juga membantu mempermudah penyerapan kalsium di dalam tulang.

b. Bayam

Bayam nerupakan sayuran hijau dengan kandungan kalsium tinggi. Dalam 100 gr bayam terdapat 99 mg kalsium. Selain itu bayam juga kaya akan vitamin dan mineral lain seperti vitamin A, vitamin C dan zat besi. Meskipun mengandung kalsium, bayam juga mengandung oksalat yang dapat menghambat penyerapan kalsium. Oleh karena itu disarankan untuk tidak mengkonsumsi bayam bersamaan dengan sumber kalsium lainnya.

c. Kale

Dalam 100 gr kale mengandung 192 mg kalsium. Sayuran tinggi serat dan vitamin K ini dapat dikonsumsi mentah, dikukus, di tumis atau ditambahkan ke dalam smoothies. Meskipun kale juga mengandung banyak nutrisi dan vitamin lainnya, namun disarankan untuk mengkonsumsinya secukupnya saja.

d. Edamamae

Edamame adalah sejenis kacang kedelai muda yang direbus bersamaan dengan polongnya ini biasanya dikonsumsi sebagai cemilan di antara jam makan. Setiap satu porsi edamame atau setara dengan 128 gr mengandung kalsium sebanyak 80 mg. Selain kalsium, eddamame juga mengandung protein dan asam amino utama yang dibutuhkan oleh tubuh. 

e. Kubis

Dalam satu porsi kubis atau sebanyak 89 gr mencukupi 56% kebutuhan vitamin K yang memiliki peran penting dalam kepadatan tulang. Cara konsumsi kubis paling baik adalah dimakan segar, dengan demikian kandungan mineral dan vitaminnya tetap utuh dan tidak rusak karena pemanasan.

3. Kacang-kacangan dan biji-bijian

a. Kacang Almond

Hanya dengan mengkonsumsi 1 cangkir kacang almond kita sudah mendapatkan 385 mg kalsium atau yang setara dengan 27% kebutuhan harian. Walaupun begitu jangan mengkonsumsi kacang almond secara berlebihan karena dalam porsi yang sama juga mengandung 838 mg kalori dan 72 mg lemak.

b. Kuaci

Biji bunga matahari atau kuaci termasuk dalam camilan sehat yang bisa Anda konsumsi disela-seela waktu makan. Dalam 1 cangkir kuaci terkandung 109 mg kalsium. Selain itu kuaci juga mengandung magnesium yang bermanfaat untuk menyeimbangkan kadar kalsium dalam tubuh dan memelihara kesehatan saraf dan otot.

4. Produk olahan susu

a. Keju

Semua jenis keju dipastikan mengandung kalsium yang tinggi. Namun kandungan tertinggi ditemui pada keju parmesan dimana dalam 28 gr keju parmesan terdapat 331 mg kalsium. Sedangkan kandungan kalsium dalam keju cheddar sebesar 731 mg dalam setiap 100 g. Keju dapat dijadikan  topping makanan maupun dicampurkan ke dalam masakan.

b. Yoghurt

Yoghurt dikenal sebagai minuman yang mengandung kalsium tinggi namun rendah lemak. Dalam 250 gr yoghurt mengandung sekitar 260 mg kalsium atau setara dengan 20% kebutuhan kalsium harian.

5. Telur

Kuning telur banyak mengandung vitamin D yang membantu pertumbuhan tulang. Sedangkan seluruh bagian telur banyak mengandung vitamin A, fosfor, dan vitamin B12 yang juga berperan dalam pertumbuhan tulang. Fosfor bermanfaat untuk mentralisir asam yang berbahaya bagi tulang sedangkan vitamin A dan Vitamin B12 dapat mendorong sel pembentuk tulang / osteoblast untuk terus tumbuh.

6. Ikan

a. Ikan sarden dan teri

Kandungan kalsium tertinggi pada ikan sarden berada pada tulangnya, oleh karena itu jangan lewatkan untuk turut menikmatinya juga. Begitu juga dengan ikan teri yang juga banyak mengandung kalsium pada tulangnya. Dalam setiap 100 gr ikan teri terdapat 232 mg kalsium.

b. Salmon

Ikan berlemak seperti salmon banyak mengandung vitamin D dan asam lemak omega 3 yang manfaatnya adalah untuk meningkatkan tulang dengan cara menambah mineralisasi tulang dan mencegah kerusakan tulang.

7. Buah-buahan

Buah-buahan adalah sumber vitamin C yang baik. Vitamin C ini berperan dalam sintesis kolagen yang merupakan protein utama dalam tulang. Buah yang kaya vitamin C antara lain jeruk, jambu biji, nanas dan lain-lain.

8. Daging Merah

Daging merah banyak mengandung fosfor yang merupakan mineral utama di dalam tulang. Walupun begitu disarankan untuk tidak mengkonsumsi daging merah secara berlebihan karena kandungan proteinnya yang tinggi dapat mengalibatkan tubuh kehilangan kalsium.



Nah itulah berbagai jenis makanan yang dapat menunjang pertumbuhan karena didalamnya mengandung banyak sekali mineral dan vitamin utama di masa pertumbuhan. Walaupun semua bahan makanan tersebut baik untuk pertumbuhan namun alangkah lebih baik jika kita bijak dalam mengkonsumsinya. Caranya dengan konsumsi secukupnya jangan sampai berlebihan.

Bagi yang memiliki gen  tidak tinggi alias pendek, siapa tahu dengan mengkonsumsi nutrisi yang mendorong pertumbuhan ini dapat mengalahkan faktor genetik sehingga bisa tumbuh jauh lebih tinggi. Artikel ini adalah salah satu dari kumpulan artikel bertema tinggi badan terutama bagi wanita pendek seperti saya. Anda juga bisa menemukan berbagai tips lainnya seperti Tips tetap percaya diri bagi wanita pendek yang sudah saya tulis sebelumnya. Semoga tulisan ini bermanfaat dan selamat membaca.


Referensi : 
https://www.halodoc.com/artikel/7-makanan-sehat-untuk-tumbuh-kembang-si-kecil
https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/makanan-berkalsium-tinggi
https://www.milo.co.id/artikel/inspirasi-nutrisi-aktivitas/menambah-tinggi-badan
https://hellosehat.com/parenting/remaja/tumbuh-kembang-remaja/makanan-untuk-pertumbuhan-tulang/

facebook

twitter

pinterest

linkedin

You Might Also Like

0 comments