kesehatan

Macam-macam Olahraga Penambah Tinggi Badan

11:55

Konten [Tampil]

Jenis-jenis olahraga yang dapat menambah tinggi badan

Tinggi badan dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti Genetik, nutrisi dan aktivitas. Banyak ahli yang mengatakan bahwa 60% - 80% tinggi badan dipengaruhi oleh genetik. Bahkan ada rumusnya untuk mengetahui berapa tinggi badan anak dengan mengikut sertakan tinggi badan kedua orang tuanya.

Walaupun begitu masih ada kurang lebih 20% yang masih bisa diperjuangkan. Yaitu melalui nutrisi dan aktivitas. Perlu dipahami juga, aktivitas dan nutrisi saling berkaitan. Dimana dengan aktivitas yang cukup namun nutrisi kurang mendukung maka pengaruh aktivitas dalam hal ini olah raga pun tidak akan berimplikasi secara signifikan.

Selain itu ketahui juga masa-masa emas pertumbuhan anak, dimana anak tumbuh dengan grafik tertinggi yang jangan sampai kita lewatkan.

Aktifitas fisik yang dimulai sejak dini, terutama yang disertai dengan penambahan beban mekanis dapat meningkatkan kekuatan tulang, meningkatkan enzim tulang serta pembesaran tulang pada saat remaja. 

Ini berarti peningkatan tinggi yang optimum harus dimulai dari anak usia dini. Karena aktivitas pada saat-saat inilah yang akan mempengaruhi kondisi tulang pada saat remaja nanti.

Olahraga Dapat Menambah Tinggi Badan. Bagaimana Bisa?

Tubuh bisa tinggi jika terjadi pertumbuhan tulang yang memanjang, dimana pertambahan panjang tulang ini dipengaruhi oleh lempeng pertumbuhan (growth plate) atau epifisis. Epifisis ini berada di ujung tulang paha, betis, tulang kering, dan tulang lengan atas.

Selama lempeng epifisi  belum mengeras dan belum menutup maka tinggi badan masih bisa terus bertambah. Aktivitas fisik termasuk didalamnya olahraga dapat membantu bertambahnya lempeng pertumbuhan. Olahraga yang dapat menambah tinggi badan, disarankan olahraga  yang memicu gerakan peregangan serta olahraga yang memberi tekanan tinggi padda tulang panjang.

Selain itu dengan berolahraga juga akan menguatkan tulang dan otot, menjaga kestabilan berat badan dan mendorong produksi hormon pertumbuhan (HGH).

Jenis Olahraga Penambah Tinggi Badan

1. Lompat Tali

Konsisten melakukan skipping atau lompat tali dipercaya dapat menambah tinggi badan. Lakukan kurang lebih 3x seminggu dengan durasi 10 menit setiap kali melakukannya. Saat melompat, posisitubuh tegak, dan bagian punggung akan meregang dan berkontraksi sehingga mendorong pembentukan lempeng epifisis. Selain itu lompat tali juga membantu membentuk postur tubuh agar lebih tegap.

2. Basket

Pada saat melakukan olahraga basket, gerakan yang sering dilakukan adalah melompat dan berlari. Gerakan ini sangat membantu akan lancarnya peredaran nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh, termasuk ke lempeng pertumbuhan yang dapat membuat tubuh lebih tinggi.

3. Pull Up

Pull Up adalah gerakan mengangkat badan sambil bergelantungan. Posisi badan pada saat melakukan pull up adalah tegak dan meluruskan tulang belakang. Pada saat kita melakukan gerakan ini maka tulang punggung akan berkontraksi dan terjadi peregangan yang dapat meningkatkan pembentukan tulang.

Untuk awal latihan, lakukan selama 10-30 detik saja. Jika sudah terbiasa Anda bisa menyesuaikan dengan menambah durasi sesuai kemampuan.

4. Renang

Pada saat melakukan gerakan renang maka tubuh akan meregang yang membuat celah-celah lempeng pertumbuhan terbuka. Selain itu, saat berada di dalam air, pengaruh gravitasi pada tubuh kita berkurang yang juga dapat memicu meregangnya tulang belakang.

5, Bulutangkis

Seperti halnya olahraga yang telah disebutkan sebelumnya, bulutangkis juga dapat membantu meningkatkan tinggi badan. Pada saat melakukan olahraga bulu tangkis seluruh tubuh akan bergerak menggunakan otot dan persendian yang akan berpengaruh pada bertambahnya lempeng pertumbuhan.

6. Bersepeda

Gerakan bersepeda yang melibatkan kaki secara aktif ini jika rutin dilakukan dapat menambah tinggi badan. Hal ini dikarenakan gerakan mengayuh sepeda dapat menimbulkan peregangan yang dapat merangsang pertumbuhan tulang kaki. 

7. Voli

Sekilas gerakan voli tak jauh beda dengan basket yaitu melompat dan berlari. Pada voli biasanya gerakan yang sering dilakukan adalah menaikkan kedua tangan ke atas sambil melompat untuk memblok bola dari lawan. Saat melakukan gerakan ini, tubuh seakan terbang dan melawan gravitasi yang memicu otot untuk meregang dan berkontraksi saat jatuh. Proses inilah yang dapat merangsang pertumbuhan tulang asalkan dilakukan secara rutin.

8. Sepak Bola

Olahraga Sepak Bola yang dilakukan secara aktif sejak usia dini dapat meningkatkan kekuatan tulang, menigkatkan enzym tulang dan pembesaran tulang pada saat remaja nanti. Ini berarti bahwa sepakbola juga salah satu olah raga yang dapat mendorong bertambahnya tinggi badan.


Olahraga penambah tinggi badan untuk anak-anak dan remaja


Nah itulah beberapa olahraga yang dapat dilakukan oleh remaja untuk membantu menambah tinggi badan. Jangan sampai masa-masa pertumbuhan terlewati. Usahakan optimalkan sejak usia sedini mungkin. Namun ingat untuk tidak melakukan aktivitas terlalu berat. Carilah referensi sebanyak-banyaknya atau datang ke tenaga kesehatan yang berkompeten untuk mendapatkan saran yang lebih tepat.

Jika sudah dewasa dan pendek seperti saya, olahraga sebanyak apapun tidak akan menambah tinggi badan namun sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan. Bagi yang uisanya masih memungkinkan dan ingin tumbuh tinggi, ingatlah untuk selalu mengasup nutrisi yang memenuhi seperti yang sudah saya tulis di artikel sebelumnya yaitu Makanan yang Mengandung Nutrisi untuk Pertumbuhan.

Mungkin teman-teman memiliki pengalaman tentang olahraga yang dapat menambah tinggi badan atau artikel  ini kurang lengkap. Jika teman-teman ingin menambahkan mari kita berdiskusi di kolom komentar. Terima kasih.


facebook

twitter

pinterest

linkedin

You Might Also Like

0 comments