kesehatan

Begini Cara Menjaga Berat Badan Agar Tetap Ideal

14:46

Konten [Tampil]
Cara menjaga berat badan agar tetap ideal

Ngobrolin soal berat badan, untuk wanita pendek seperti saya yang tingginya kurang dari 150 cm memang kalau dihitung-hitung bakalan ketemu angka yang kecil sekali antara 40-50 kg. Mungkin bagi yang masih muda angka sekian akan cocok-cocok saja. Tapi bagi sebagian orang kalau sudah ibu-ibu lebih baik jangan terlalu kurus karena jika pipi terlalu tirus malah akan terlihat lebih tua dari usianya.

Apa kabar pipiku yang selalu chubby dalam keadaan kurus maupun gendut? Ada untungnya juga kalau punya pipi chubby, karena kalau pas kurus enggak akan kelihatan. Masalahnya saya kapan kurusnya? Hahaha

Mungkin karena alasan itulah ada yang membuat klasifikasi berat badan ideal berdasarkan usia bukannya berdasarkan tinggi badan. Menurut literatur, berat badan manusia termasuk didalamnya berat badan wanita akan bertambah seiring bertambahnya usia.

Pada usia lebih dewasa maka metabolisme akan lebih lambat dan terjadi perubahan hormon yang akan mempengaruhi berat badan. Orang dewasa dengan usia lebih tua cenderung kehilangan massa otot dan tulang. Sehingga berat badan lebih banyak berasal dari lemak. Jadi jika teman-teman semakin dewasa semakin susah menurunkan berat badan, itu normal ya.

Saya sempat membaca referensi berat badan ideal yang sesuai dengan usia. Walaupun begitu tinggi badan harus tetap diperhatikan ya, karena jika tidak melibatkan tinggi badan jatuhnya malah kelebihan berat badan atau obesitas. Untuk wanita yang memiliki tinggi rata-rata wanita Indonesia, yaitu 154,3 cm berikut ini berat badan ideal berdasarkan usia :

Berat Badan Ideal Berdasarkan Usia 

1. Usia 18-25 tahun, berat badan idealnya antara 45-65 kg

2. Usia 26-35 tahun, berat badan idealnya antara 50-70 kg

3. Usia 36-45 tahun, berat badan idealnya antara 55-75 kg

4. Usia 46-55 tahun, berat badan idealnya antara 60-80 kg

5. Usia >55 tahun , berat badan idealnya antara 60-85 kg.

Coba bandingkan dengan berat ideal wanita untuk tinggi badan 154, 3 cm atau katakanlah 155 cm yang dihitung dengan menggunakan metode IMT (Indeks Massa Tubuh) yaitu 45,3 kg - 61,3 kg. 

Perlu diingat bahwa berat badan ideal adalah panduan untuk umum yang artinya setiap orang memiliki keistimewaannya sendiri. Setiap tubuh manusia memiliki struktur tubuh, komposisi lemak, dan aktivitas fisik yang berbeda. Oleh karena itu wajar kiranya jika berat badan ideal antara satu orang dengan lainnya berbeda. Untuk lebih jelasnya berapa berat badan ideal kita lebih baik bertemu langsung dengan tenaga profesional kesehatan seperti dokter atau ahli gizi.

Jika berat badan yang kita miliki angkanya tidak jauh dari angka ideal adalah suatu kebahagiaan tersendiri, walaupun demikian tidak mudah untuk mempertahankan berat badan agar tetap ideal. Apalagi bagi orang-orang seperti saya ini yang doyan sekali ngemil. Dahlah, udah pendek doyan ngemil . Tapi untunglah untuk makanan minuman manis saya tidak terlalu ketagihan. Masih mau mengkonsumsi tapi tidak sering.

Menghilangkan kebiasaan ngemil sangat berat apalagi jika keluarga kita juga memiliki kebiasaan yang sama. Ketika salah satu menahan diri untuk tidak ngemil maka akan tergoda oleh anggota keluarga yang tidak memiliki komitmen yang sama. Memang sebaiknya kalau ingin menghilangkan kebiasaan ngemil itu harus diikuti oleh semua anggota keluarga agar tidak ada yang menggoda dan tergoda.

Walaupun demikian selalu ada cara untuk mempertahankan berat badan agar tetap ideal, berikut ini beberapa diantaranya :

Cara Mempertahankan Berat Badan agar Tetap Ideal

Berat badan yang ideal merupakan dambaan setiap orang. Selain membuat badan lebih lincah bergerak juga memberikan keuntungan dalam segi kesehatan. Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk menjaga berat badan agar tetap ideal, seperti berikut 

1. Konsumsi Makanan Sehat dan Bergizi Seimbang

Makanan yang masuk ke dalam tubuh kita setiap harinya sangat berpengaruh terhadap kesehatan dan berat badan kita. Agar tubuh mendapat asupan yang tepat, berikan komposisi yang seimbang. Jangan mengkonsumsi makanan dengan kandungan lemak jenuh, gula dan garam berlebih. Jumlah asupan harian yang cukup atau tidak kurang dan tidak lebih akan sangat membantu tubuh kita berada pada berat yang ideal.

2. Olahraga Secara Rutin

Untuk melakukan olahraga secara rutin kita tidak harus keluar rumah. Kita dapat melakukannya di dalam rumah dengan atau tanpa alat. Untuk olahraga di rumah, Anda bisa mengikuti video yang beredar di media sosial,. Cari info sebanyak-banyaknya tentang olah raga apa yang kita butuhkan kemudian praktekkan. Untuk olaah raga ringan di rumah biasanya gerakkannya ringan seperti sit up, push up dan lain-lain yang disesuaikan dengan usia dan berat badan kita.

3. Istirahat yang Cukup

Siapa sangka bahwa tidur yang cukup juga mempengaruhi berat badan. Berdasarkan penelitian, orang dewasa yang memiliki waktu tidur hingga 8,5 jam setiap harinya dapat mengurangi konsumsi kalori perharinya rata-rata sebesar 217 kalori. Bahkan ada yang hingga 500 kalori.

Menurut penelitian, tidur dapat mempengaruhi rasa lapar. Terbukti bahwa tidur dapat mempengaruhi dua hormon yaitu ghrelin dan leptin. Ghrelin adalah hormon yang merangsang rasa lapar yang akan meningkat jika kita kurang tidur.

Sedangkan leptin adalah hormon yang memberitahukan kita saat kita kenyang. Hormon ini akan menurun jika waktu tidur kita terbatas. Artinya semakin kita kurang tidur maka perasaan kenyang kita juga akan semakin menurun. Dengan semakin sedikitnya hormon ini maka kita akan semakin kesulitan untuk mengendalikan nafsu makan.

Pengaruh lain kurang tidur terhadap berat badan adalah saat kita kurang tidur maka pusat penghargaan di otak kita akan lebih aktif, Pusat penghargaan otak ini adalah tempat dimana kita merasakan kesenangan yang ingin kita ulangi . Kondisi yang demikian memunculkan keinginan untuk mengkonsumsi karbohidrat atau junk food yang lebih.

Kurang tidur juga dapat meningkatkan resistensi insulin dan menyebabkan penambahan berat badan.

Pengaruh tidur terhadap berat badan ideal

Nah itulah beberapa info tentang berat badan ideal dan cara menjaga berat badan agar tetap ideal. Saya juga pernah membaca bahwa wanita pendek lebih susah menurunkan berat badan? Apakah benar? Insyaallah akan saya tuliskan di postingan yang akan datang ya. Untuk postingan lainnya, teman-teman bisa membaca artikel sebelumnya salah satunya adalah Berapa berat badan wanita dengan tinggi 150 cm. Selamat membaca, semoga bermanfaat.




https://www.halodoc.com/artikel/cek-fakta-tidur-bisa-bantu-turunkan-berat-badan
https://bnp.jambiprov.go.id/cara-menghitung-berat-badan-ideal-wanita-sesuai-usia/
https://p2ptm.kemkes.go.id/hari-ginjal-sedunia-2024/apakah-berat-badan-anda-sudah-ideal-berikut-ini-tabel-berat-badan-yang-disarankan-untuk-wanita
https://bnp.jambiprov.go.id/berat-badan-ideal-tinggi-155/#:~:text=Berat%20Badan%20Ideal%20untuk%20Tinggi%20155%20cm,-Dengan%20menggunakan%20metode&text=Rentang%20IMT%20yang%20direkomendasikan%20untuk,badan%20normal%20menurut%20standar%20IMT.

facebook

twitter

pinterest

linkedin

You Might Also Like

0 comments