fashion

Tips Memilih Bawahan untuk Wanita Pendek

15:02

Konten [Tampil]
Tips memilih bawahn u tuk wanita pendek dan gemuk

Saat ini kita memasuki era bebas berekspresi, termasuk di dalamnya bebas berpenampilan. Jika kita amati, di masa sekarang ini orang-orang sudah semakin berani berpenampilan yang unik tapi membuat dirinya nyaman tanpa takut menjadi bahan omongan. Ini berarti bahwa tingkat toleransi masyarakat terhadap gaya berpakaian semakin tinggi.

Perubahan ini tak lepas dari mudahnya akses internet yang membuat pikiran orang-orang semakin terbuka dan lebih mudah menerima perbedaan. Tentu saja hal ini merupakan angin segar bagi pecinta fashion karena mereka bisa menjadi diri sendiri setiap saat tanpa harus menunggu moment-moment tertentu. Namun tetap. kontrol itu ada pada diri kita, jangan sampai kebebasan itu menjerumuskan. 

Bagi saya, bagaimana saya berpakaian adalah cara saya untuk menyenangkan diri dan mencintai diri saya sendiri. Mungkin pengaruh lingkungan juga, karena ibu saya juga senang bereksperimen gaya dengan pakaian, bahkan sampai sekarang.  Kalau orang jawa bilang "seneng nyandang". Yah, dimaklumi saja memang ada sebagian wanita yang seperti itu. Setiap orang punya cara masing-masing untuk bahagia. Hal ini sah saja dilakukan selama tidak mengganggu orang lain.

Bagi yang kenal dengan saya mungkin menganggap kalau gaya berpakaian saya biasa-biasa saja. Ya memang, karena memang saya membatasi diri, istilahnya 'tidak sebebas itu'. 

Selain karena tidak ingin terlihat mencolok, namun ada batasan lain yang perlu dipikir yaitu : budget. Hahaha. Maklum ya, emak-emak seperti saya banyak maunya tapi kebutuhan lain menanti. Harap Maklum.

Bicara tentang gaya berpakaian, memang kebebasan itu memberikan ruang yang luas untuk berekspresi. Tapi buat wanita pendek seperti saya, apalagi dengan tubuh lebih berisi seperti sekarang, kebebasan itu juga dibatasi oleh kepantasan. Betapa lebih susah saat memilih pakaian karena saat dipakai semua terlihat jelek dan tidak pantas.

Walaupun begitu berusaha untuk tetap tampil menarik tidak ada salahnya. Diantaranya dengan memahami patron berpakaian untuk wanita pendek terutama wanita yang pendek dan gemuk seperti saya ini yang sudah menjadi kesepakatan umum sejak dulu. Salah satunya adalah tentang memilih bawahan yang tepat untuk wanita pendek (dan gemuk) seperti saya. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain :

Tips Memilih Bawahan untuk Wanita Pendek (dan Gemuk)

1. Cobalah pakai High Waist

High Waist  dapat berupa celana atau rok. Bawahan model High Waist ini memberikan efek jenjang pada kaki sehingga anda nampak lebih tinggi. Dan jika anda berisi dan mengenakan bawahan model ini, gunakan atasan yang pas body tapi bukan ketat ya. Jangan memakai yang terlalu longgar karena dapat membuat tubuh anda lebih bervolume. Dan kalau anda percaya diri, anda bisa memasukkan baju ke dalam bawahan anda.

2. Pilih Celana Berpotongan Lurus atau Skinny.

Celana berpotongan lurus dan skinny dapat digunakan oleh anda yang bertubuh pendek baik yang kurus maupun berisi. Jika anda tidak percaya diri menampakkan kaki anda saat mengenakan legging atau celana skinny, anda bisa menyamarkannya dengan menggunakan cardigan panjang ataupun tunik dengan warna senada. Mengapa pilih warna yang senada? Agar warna tersebut terlihat lebih menyatu dan memberikan visual yang terkesan tinggi.

Celana berbentuk baggy juga tidak disarankan. Karena bentuk baggy yang menggembung di bagian pinggang malah membuat tubuh terlihat pendek.

Namun jika tubuh anda kurus, anda bisa mengkreasikan berbagai macam bawahan. Baik yang bagian bawahnya lebar atau sempit. Namun saran saya sebaiknya Anda lebih memilih bootcut alih-alih cutbray yang bawahnya melambai-lambai.

Misalnya saja anda bisa memakai celana Palazzo atau kulot. Palazzo memang seriupa dengan kulot, namun sebenarnya berbeda. Palazzo adalah celana dengan pinggang tinggi dan pas yang semakin lebar di bagian bawah. Sedangkan kulot memiliki lebar yang sama antara bagian pinggang hingga ke bawah. Celana Palazzo dan kulot bisa dipakai oleh orang pendek namun pilihlah yang tidak terlalu lebar agar memberi kesan ramping.

Memang sulit menemukan bawahan yang sesuai dengan keinginan kita, salah satu solusinya adalah menemui penjahit langganan. Dengan demikian kita bisa memakai busana yang sesuai dengan ukuran, bentuk dan modfel yang kita inginkan.

Jika anda mengenakan model wide leg sebaiknya memilih atasan yang ngepas di badan agar Anda tidak terlihat tenggelam dalam pakaian anda sendiri.

3. Gunakan Rok yang Menambah kesan Tinggi

Berbeda dengan celana yang disarankan untuk memilih bagian bawah yang lebih sempit, untuk rok anda akan nampak lebih tinggi jika mengenakan rok model A. Rok model A adalah rok yang lebih lebar di bagian bawah. Rok model ini, ada yang lebar hampir seperti rok klok tapi ada yang tidak terlalu lebar. Menurut Saya, mengenakan rok A yang tidak terlalu lebar tapi tetap nyaman dipakai untuk berjalan terlihat lebih tinggi jika dibandingkan mengenakan rok model A yang terlalu lebar.

Anda bisa juga memilih rok model A dengan aksen kancing di tengah yang memberi efek melangsingkan. Pilih warna-warna netral untuk memberi kesan lebih kurus dan tinggi.

Anda juga bisa mengenakan rok plisket atau pleated skirt. Ada bermacam-macam jenis rok plisket. Pilihlah rok plisket kecil dengan bahan yang jatuh. Jika anda berhijab, pilih yang panjangnya sampai mata kaki.Jika terlalu panjang atau terlalu pendek justru akan membuat anda terlihat lebih pendek.

Jika anda ingin mengenakan rok model pipa, pilihlah warna-warna gelap dengan atasan dengan warna-warna netral. Atau jika anda ingin mengenakan rok kargo, pilihlah detail saku yang sederhana dan tidak bertumpuk-tumpuk.

Ada lagi rok model lain yaitu rok umpak atau rok canda. Rok yang memberi kesan boho  atau bohemian ini adalah rok dengan sambungan bersusun. Biasanya terdiri dari tiga atau empat susun dengan bagian bawah yang lebih lebar. Rok umpak atau rok canda dari bahan ceruti, sifon, rayon atau bahan jatuh lainnya sangat cocok bagi anda yang pendek dan berisi. Namun menurut saya untuk sehari-hari hindari bahan mengkilap seperti satin dan bahan yang sedang ngetren saat ini yaitu shimmer-shimmer agar anda tidak tampak mencolok.

4. Garis Bisa Menipu

Garis vertikal memang tidak bisa ditinggalkan oleh Anda yang ingin tampak lebih tinggi dan langsing. Walaupun begitu, anda tetap harus berhati-hati karena salah memilih garis justru membuat tubuh Anda tampak lebih berisi. Pilihlah bawahan bergaris kecil dengan warna yang seimbang. Padu-padankan dengan atasan yang polos.

Anda uga bisa memakai motif lain dengan catatan pilihlah motif yang kecil. Seperti motif bunga untuk rok maupun kotak-kotak kecil untuk rok, kulot dan celana.

Model bawahan untuk wanita pendek dan gemuk

Nah itulah beberapa tips untuk anda yang bingung memilih bawahan untuk wanita bertubuh pendek. Tenang saja meskipun tinggi kurang, namun jika kita bisa memadukan atasan dan bawahan yang sesuai maka kita akan tetap tampil menarik.

Semoga tips yang saya tuliskan bermanfaat, namun jika ingin berdiskusi lebih lanjut, mari kita ramaikan kolom komentar. Anda juga bisa menikmati tartikel serba-serbi wanita bertubuh pendek seperti apa saja keuntungan yang dirasakan oleh wanita bertubuh pendek seperti yang sudah saya tuliskan sebelumnya. Selamat membaca.

facebook

twitter

pinterest

linkedin

You Might Also Like

20 comments

  1. Wanita yang pendek memang pantes pakai rok, karena akan terlihat lebih tinggi, IStriku agak pendek sih, tapi dia seringnya pakai gamis biar keliahatan jangkung ehehe

    BalasHapus
  2. Keren nih tipsnya, pasti bakal dicari sama orang yang punya tinggi badan dibawah rata-rata. Memang, kalau nyari baju tuh susah seandainya gak pinter mix and match mbak soal baju untuk orang berbadan pendek.

    BalasHapus
  3. Kalau badannya mungil emang perlu cermat dalam memilih outfit yaa. Jangan sampai salah pakai bawahan dan malah kelihatan 'tenggelam'.

    BalasHapus
  4. Jujut saya tidak senang nyandang mbak. Pakaian ya sudah itu-itu saja modelnya 😅🤭. Yang penting rapi, sopan, dan menutupi aurat dengan baik. Saya pede dan nyaman memakainya

    BalasHapus
  5. Pakaian unik boleh, tapi kalo aneh ya jangan lah ya. Malah akan menimbulkan respon negatif terhadap gaya berpakaian seseorang. Sekarang udah banyak artikel yang mengulas info soal fashion di internet. Tinggal kitanya aja yang menyesuaikan gaya berpakaian sesuai dengan kebutuhan. Wanita berpostur pendek pun bisa menyesuaikan gaya berpakaian yang menarik dan fashionable, asalkan tau tipsnya. Untungnya tips tersebut sudah dijelaskan di artikel super keren ini.... Mantap !!

    BalasHapus
  6. Wah tips yang sangat berguna nih untuk pemilik tubuh mungil.. Ternyata mitch and match sengaruh itu ya sehingga bisa memberikan kesan lebih jenjang

    BalasHapus
  7. Setuju menggunakan rok ini cocok juga untuk orang dengan kaki yang panjang maupun dengan tubuh yang kecil

    BalasHapus
  8. Tipsnya sangat bermanfaat nih buat saya. Saya termasuk pendek (dan gemuk), suka bingung mau pakai pakaian seperti apa, khususnya bawahan. Ujung-ujungnya pakai celana panjang atau kulot. Coba deh nanti saya coba terapkan tips dari sini.

    BalasHapus
  9. Wah sama nih kaya aku pendek dan berisi, haha. Relate banget artikelnya. Biasanya aku juga lebih suka menggunakan bawahan yang garis2 atau plisket gitu. Terlihat lumayan tinggi.

    BalasHapus
  10. Paling sulit memang soal memilih corak/motif buat perempuan bertubuh pendek/mungil. Bunga-bunga paling yang kecil, sama juga garis-garis pilih yg vertikal tapi kecil-kecil aja.
    Kadang juga tergantung karakter pemakainya juga sih...Seneng yg rame atau yg aman dan rapi aja...

    BalasHapus
  11. Celana atau rok yang cuttingnya lurus memang bikin tampak agak tinggi. Apalagi pas di foto dengan angle yang pas, juga bisa tampak seperti itu

    BalasHapus
  12. Sebenernya bukan masalah pendek atau enggaknya. Wanita pendek itu bagus aja kalo pake apa aja, asalkan PD, xixixi.. Boleh nih ku kirim buat mbakku yg nggak terlalu tinggi hehe..

    BalasHapus
  13. Pokoknya tubuh berisi tuh emang susah memilih pakaian. Tulisan begini bisa membantu banget saat ingin tampil cantik dengan busana.

    BalasHapus
  14. Skinny jeans dan cardigan adalah andalan saya sebagai wanita pendek itu wkwk. Lebih pede kalo pake baju tersebut. Saya kalo pake celana cullote yang model bawahnya lebar sangat-sangat tidak pede. Keliatan makin pendek kayaknya hehe.

    BalasHapus
  15. bagi wanita yang memiliki tubuh pendek, tidak perlu berkecil hati ya. selalu ada cara mensiasati segalanya. termasuk memilih bawahan. Dan banyak sekali bawahan yang bisa menunjang penampilan.

    BalasHapus
  16. memadu padankan atasan dan bawahan itu memang tricky banget biasanya bagi wanita, makanya cewek kalo memilih busana yg matching itu kadang lamaaa .. hahaha

    BalasHapus
  17. Mantap banget kak masukannya. Cara ini ternyata jg berlaku buat cowok ya. Soalnya aku pernah membuktikan sendiri. Terutama gatus vertikal/horizontal di baju/bawahan sekalioun. Ngefek loh. Garis itu ilusi. Hehe.

    BalasHapus
  18. Ini yang aku butuhin, ka..
    Soalnya TB aku serasa menyusut yaah.. Pas ngukur terakhir tuh kaya jadi kurang 1 cm. Ga bahaya taah??

    Nah, solusinya memang kudu memberikan sentuhan sama outfit yang tepat nih biar tetep oke.

    BalasHapus
  19. Wah tipsnya bisa dipakai nih untuk padu padan baju dan bawahan, jadi terkesan lebih tinggi, terima kasih atas sharing nya

    BalasHapus
  20. Tipsnya oke banget nih untuk wanita bertubuh pendek biar bisa mix and match dan kelihatan lebih jenjang.

    BalasHapus