fashion

Model Baju Hangat untuk Wanita Pendek dan Panjang yang Disarankan

14:39

Konten [Tampil]

Model baju hangat untuk wanita pendek di daerah tropis

Saat belanja online, seringkali kita menjumpai istilah atau nama pakaian yang membuat bingung. Ada kalanya setelah menemui istilah baru saya sampai googling agar tidak salah dan dapat membedakan antara satu dengan lainnya. Untuk atasan hangat wanita saja ada berbagai macam istilah.

Daripada bingung, mari kita bahas beberapa diantaranya. Kita akan membahas macam-macam baju hangat wanita yang sering dipakai di daerah tropis. Tentunya nanti juga bakalan ada pakaian hangat yang disarankan untuk wanita pendek terutama yang tingginya sama dengan saya, yaitu 148-an cm.

Macam-macam Baju Hangat Wanita

1. Sweater

Sweater atau ada yang menuliskannya sweter adalah baju hangat lengan panjang yang biasanya terbuat dari bahan yang tebal seperti wool, rajut atau cashmere. Panjang sweater umumnya sampai pinggang, namun sekarang ada juga crop atau panjangnya hanya sampai bawah dada atau di atas pinggang. Buat wanita pendek, sebaiknya memakai sweater yang ukurannya tidak terlalu besar sehingga lebih nampak ramping. Jika tertarik menggunakan yang crop pilih yang panjangnya 42-50 cm saja. Sweater kadang dijadikan pakaian luar namun ada yang memakainya tanpa pakaian lapisan dalam terlebih dahulu.

2. Jumper 

Modelnya sama dengan sweater, bahkan banyak orang yang tidak membedakan antara jumper dan sweater. Beberapa sumber mengatakan bahwa jumper terbuat dari bahan fleece dan sejenisnya. Bahan Fleece yaitu bahan sejenis kaus katun tapi lebih tebal dan empuk. Sama halnya dengan sweater, jumper juga ada yang bentuknya crop. Jumper bisa dipakai langsung tanpa baju pelapis di dalamnya atau dengan memakai baju pelapis di dalamnya.

Jika kita perhatikan, anak-anak muda zaman sekarang sering kali memakai jumper meskipun tidak sedang musim dingin/penghujan. Jumper sudah menjadi pakaian yang lumrah dikenakan di segala suasana.

3. Hoodie

Kata Hoodie berasal dari bahasa Inggris yang artinya penutup kepala. Bahan pembuat hoodie sama dengan sweater hanya hoodie lebih longgar dan dilengkapi penutup kepala.

4.Cardigan

Cardigan adalah sejenis sweater namun bagian depannya dapat dibuka, baik menggunakan kancing, resleting atau bahkan tanpa keduanya. Panjang cardigan ini bervariasi ada yang cropped, sampai pinggul, dan long cardigan. Cardigan digunakan sebagai pakaian pelapis atau pakaian luar. Ada cardigan yang dilengkapi inner saat membeli namun banyak juga yang tidak, karena bisa dipadukan dengan kaus atau dress tanpa lengan. Awalnya, cardigan terbuat dari woll namun kini cardigan juga terbuat dari bahan lain seperti katun, rajutan, cashmere dan serat sintetis.

Dalam perkembangannya, cardigan saat ini tidak hanya digunakan pada cuaca dingin saja namun bisa digunakan pada acara formal maupun nonformal tergantung padu padan yang dikenakan.

5. Jaket

Jaket adalah pakaian luar lengan panjang yang dilengkapi dengan kancing atau resleting di bagian depan. jaket ada bermacam-macam jenisnya, begitu juga dengan bahan pembuatnya. Berikut ini contohnya :

Macam-macam jaket berdasar modelnya 

1. Crop Jaket

Yaitu jaket yang panjangnya hanya setengah bagian atas tubuh saja. Crop jaket bisa terbuat dari bermacam-macam bahan seperti denim, kulit, parasut dan lain-lain

2. Puffer Jaket

Yaitu jaket yang memiliki desain berlapis sehingga menimbulkan gelembung/puffy diantara jahitan-jahitannya. Puffer Jaket ini sering dipakai oleh para pendaki gunung. Namun ada juga puffer jaket yang dipakai untuk menghangatkan tubuh saat naik motor. 

3. Jaket Bomber

Jaket Bomber adalah jaket yang muncul pada saat perang dunia 2, dimana pada saat itu jaket ini digunakan oleh para pilot. Namun seiring waktu jaket ini dikenakan oleh siapa saja. Ciri khas jaket bomber antara lain : ada ban karet di lengan dan pinggang, kancingnya berupa resleting yang memanjang dari atas sampai bawah, lengan dan badan jaket berupa sambungan dan biasanya ada lapisan di bagian dalam untuk menambah efek hangat.

4. Varsity Jaket

Varsity Jaket atau kita lebih mengenalnya dengan jaket baseball. Biasanya jaket ini memiliki lengan dan karet pinggang bergaris, bagian depan menggunakan kancing, dan seingkali dihiasi dengan bordir/aplikasi berupa angka dan gambar. 

5. Jaket Biker

Jaket biker ini memiliki model slim body atau pas di badan. Biasanya jaket ini terbuat dari bahan kulit atau sintetisnya. Meskipun jaket ini memberikan kesan maskulin namun banyak wanita yang memakainya terutama mereka yang bergaya boyish dan tomboy.

6 Jaket Parka

Jaket Parka yaitu jaket berpotongan lurus dengan panjang sampai bawah pinggul bahkan hampir menyentuh lutut yang dilengkapi dengan kantong kanan-kiri dan atas-bawah, kancing berupa resleting lengkap dengan hoodie. Biasanya di antara kantong atas dan bawah terdapat tali yang bisa dikerutkan agar badan lebih hangat. Jaket parka terbuat dari bahan nilon, poliester dan wool untuk lapisan dalam.

Rekomendasi Model dan Panjang Baju Hangat untuk Wanita Pendek

Memang sedikit tricky saat memilih model baju hangat untuk wanita pendek. Bagaimana caranya kita tetap hangat namun tetap terlihat fashionable. Ada beberapa tip yang bisa diterapkan. Berikut ini beberapa diantaranya :

1. Pilih model cropped

Model cropped ini dapat membuat 2/3 tubuh bagian bawah terlihat lebih panjang. Untuk wanita dengan tinggi 148 cm, panjang baju hangat cropped yang pas adalah 42-50 cm saja. Baju hangat cropped  ini bisa berupa jaket jeans, denim, sweater, jumper, jaket kulit atau cardigan. Namun jika anda tidak menyukai model ini, anda bisa memilih model jaket yang panjangnya hanya sampai pinggang atau jangan sampai melebihi pinggul atau yang panjangnya kurang lebih 65-70 cm.

2. Pilih model slim

Pilih jaket dengan model slim atau jaket dengan siluet yang merampingkan seperti jahitan memanjang dari tengah-tengah bahu ke bawah (sisi kanan dan kiri) seperti jahitan yang bisa kita jumpai pada jaket biker.

3. Biarkan kancing/resleting tetap terbuka

Jika anda wanita pendek dengan tubuh berisi, jangan tutup kancing/releting jaket untuk memberi kesan tubuh lebih panjang begitu juga saat anda mengenakan cardigan.

4. Pilih cardigan berpotongan lurus

Ada cardigan yang berpotongan lurus dan ada juga yang sedikit puffy dengan bagian tengah tubuh lebih menggembung. Kesalahan dalam memilih layer ini dapat membuat anda terlihat lebih berisi dan nampak lebih pendek.


Panjang baju hangat untuk wanita pendek

Nah itulah beberapa model baju hangat wanita untuk daerah tropis dan model serta panjang yang disarankan untuk wanita pendek. Mungkin ada model baju hangat lain yang belum saya sebutkan, teman-teman boleh menyampaikannya melalui kolom komentar. Dan jika teman-teman bingung bagaimana memilih model dan berapa panjang gamis untuk wanita pendek model dan berapa panjang gamis untuk wanita pendek, jangan khawatir. Saya juga sudah menuliskannya di artikel sebelumnya. Ditunggu sharingnya yaa...


facebook

twitter

pinterest

linkedin

You Might Also Like

24 comments

  1. Kalau salah pilih warna dan model baju hangat, bisa2 wanita mungil makin 'tenggelam' yaa. Oleh karena itu wajib untuk tahu triknya agar tetap hangat sekaligus stylish

    BalasHapus
  2. Saya nih termasuk pendek, suka susah nyari pakaian yang pas. Setelah membaca artikel ini saya jadi punya referensi buat nyari baju hangat atau jaket yang tepat.

    BalasHapus
  3. Walau tidak terlalu sering dipakai, karena indonesia negara tropis baju hangat tetap dibutuhkan ya, Mbak. Dan berbagai pilihan tersedia dari model dan bahannya. Jadi bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Termasuk bagi wanita yang tidak tinggi.

    BalasHapus
  4. Paling suka hoodie atau jumper sih hihi soalnya mau dipadu padan sama outfit apapun nyambung, gamis sekalipun hehehe

    BalasHapus
  5. Jumper yang daku jarang pake.
    Kalau jaket dan cardigan sering, jadi peragat yang oke kalau bepergian

    BalasHapus
  6. Biasanya saya juga memilih cardigan yang warna polos. Jadi gak terlihat ramai pas memakai nya meski warnanya nabrak sama jilbab atau pakaian lainnya

    BalasHapus
  7. Kalau saya paling suka pakai cardigan. Tidak terlalu tebal ataupun tipis. Lebih gampang di mix n match juga

    BalasHapus
  8. Rekomendasi ini nggak cocok untukku. Karena aku termasuk cewek yang tinggi. Cuma, ada sih saudaraku yang pendek. Jadi, nanti aku bakalan kasih informasi ini ke dia. Biar dia tahu harus pilih apa saat ingin membeli baju hangat.

    BalasHapus
  9. Huaaaa banyak macamnya ya. Cardigan termasuk atasan hangat ya, soalnya cardigan banyak bahannya selain dari woll. Padahal hangat banget kalau yang dari woll. Biasnaya

    BalasHapus
  10. Cardigan termasuk atasan hangat ya karena bahannya terbuat dari woll. Selain dari woll juga banyak. Aku suka banget pakai cardigan soalnya nyaman dipakai dan masuk dipakai dengan outfit apapun. Kalau cuman beli sesuatu yang dekat rumah kadang cuman pake cardigan aja udah bisa langsung pake kerudung, hehe.

    BalasHapus
  11. Cardigan ini penyelamat banget sih, apalagi banyak banget modelnya. Ada yang cropped hingga long cardigan. Ngga melulu buat acara pada cuaca dingin, kini cardigan juga manis buat berbagai acara. Jadi emang banyak banget sekarang pilihan model baju hangat buat cewek did aerah tropis ya.

    BalasHapus
  12. Kalau jaket saya lebih suka jaket bomber dan hoodie. Nyaman aja gitu memakainya, udah gitu terasa hangatnya.

    BalasHapus
  13. Saya termasuk orang yang tidak suka berjaket. Rasanya kok begah mbak. Berjaket hanya kalau nyetir motor. Selain itu tidak pernah 😁. Tapi tipsnya bisa nih dipakai suatu saat ingin berjaket

    BalasHapus
  14. Meski udh masuk cuaca panas, model baju hangat spt ini juga perlu dipersiapkan ya kak.

    Kdg kan malam hari tiba2 malah dingin bgt. Padahal musim kemarau yg cenderung panas.

    Hoodie sih tetap jd idaman. Krn bisa buat cuavana panas maupun dingin.

    BalasHapus
  15. Aku termasuk pendek, suka pake cardigan yang panjangnya standar sih. Jadi ngasi efek tinggi gitu. Sesuai tips di atas yah

    BalasHapus
  16. Akutuh tim cardigan sama jaket, nih.. Kalo cardi sukanya yg nggak terlalu panjang, biar modis dan buat santai aja. Kalo jaket yg standar² aja. Jangan yg terlalu tebel juga, bikin panas, hehe..

    BalasHapus
  17. Saya lagi nyari jaket yg bisa menghalau angin ketika naik motor. Jadi tahu deh kalau sebutannya puffer jacket hihi..

    BalasHapus
  18. Aku paling nyaman pakai jaket atau hoodie sih. Dan karena memang tinggiku nggak tinggi tinggi amat, senang mencari yang modelnya tuh cropped 2/3 gitu, jadi memberi kesan kalau kakiku panjang sehingga secara selewat jadi nampak sedikit lebih tinggi.

    BalasHapus
  19. Aku biasanya berpakaian seperti tips diatas. Dan ya, aku sebagai perempuan pendek tersebut merasa style tersebut cocok banget dengan perempuan yang berpostur tubuh agak mungil dikit hehe. Apalagi kalo pake celana yang model slim, makin keliatan tinggi.

    BalasHapus
  20. Lumayan banyak juga ternyata jenis baju hangat ini. Kalau saya lihat di sekolah, anak-anak lebih sering pake Hoodie. Selain fungsinya sebagai baju hangat, look nya memang lebih fashionable dan cocok dipakai anak muda

    BalasHapus
  21. Aku juga paling suka beli baju hangat nih. Kebetulan punya banyak koleksi, tapi lebih sering pakai yang hoodie, sih. Karena hangat dan lebar jadi lebih leluasa gerak tapi tetap hangat.

    BalasHapus
  22. kalau aku paling suka sweater dan cardigan karena kalo sweater bisa dipakai pergi juga apalagi kalo warna atau grafis nya bagus. kalau cardigans kan praktis

    BalasHapus
  23. Kalau pas lagi winter di sini, aku sendiri suka pake sweater dan cardigan. Ah nunggu 5 bulan lagi deh untuk bisa memakainya, hhe...

    BalasHapus
  24. Cewe mungils memang tricky banget kalo memilih baju dan warna.
    Aku soalnya gini jugaa.. Kayak gak bisa semua model diikutin.

    Sekarang kan lagi model baju over sized gitu yaa.. Nah, ini aku pen cobain kemarin.
    Aselik, aku langsung jepit-jepit itu baju, gajadi.
    Soalnya aku terlihat menggelembung dimana-mana.
    Huhuhu.. Sungguh kudu pilih yang tepat dan yang paling tau style mana yang cocok tuh ya.. diri sendiri. Jadi big no no copy cat.

    BalasHapus