fashion

Cara Memilih Gamis dan Panjang Gamis yang Cocok untuk Wanita Pendek

14:09

Konten [Tampil]

tp memilih panjang gamis untuk wanita 148 cm


Gamis saat ini sudah menjadi gaya berpakaian yang umum digunakan oleh wanita di tengah masyarakat kita. Kalau zaman dahulu gamis diidentikkan dengan mereka yang selalu tampil ala muslimah syar"i namun sekarang gamis tampil dengan makna lebih luas. Sebelum bicara panjang lebar, lebih dulu mari kita sepakati bahwa gamis yang saya maksud di sini adalah model pakaian untuk wanita yang menutup sampai ke kaki dan berlengan panjang.

Saya lanjutkan lagi ya. Bahwa saat ini gamis sudah lazim dipakai untuk siapapun. Tidak saja wanita yang setiap harinya berpakaian syari namun juga wanita yang kesehariannya tidak memakai kerudung pun biasa memakai gamis untuk moment-moment tertentu.

Karena semakin banyak peminatnya inilah, perkembangan gamis di Indonesia cukup melesat. Permintaan pasar yang besar diikuti dengan munculnya berbagai model gamis yang terbuat dari berbagai macam kain. Bagi wanita pendek seperti saya, tentu saja ini merupakan hal yang menggembirakan. Karena semakin banyak pilihan model gamis yang bisa saya kenakan.

Namun tetap saja, saya harus tetap cermat memiilih gamis yang sesuai dengan tinggi tubuh saya yang hanya 150-cm an ini. Nanti akan saya tuliskan berapa panjang gamis yang biasa saya beli dan bagaimana modelnya.

Panjang gamis untuk wanita dengan tinggi 150 cm-an (lebih tepatnya 148 cm) seperti saya ini bermacam-macam, tergantung gaya berpakaian yang ingin kita tampilkan. Sebagai catatan, saya biasa membeli gamis dengan lebar dada 100 cm yang tidak terlalu longgar tapi juga tidak ketat di badan saya. Berikut ini beberapa contoh panjang gamis yang biasa saya beli

Panjang Gamis untuk Wanita dengan Tinggi 148 cm :

1. Panjang Gamis 123-125 cm

Memang terlihat agak ngatung ya, tapi memang sengaja saya buat panjangnya segitu  karena saya ingin memadukannya dengan sepatu boot. Dengan memakai sepatu boot meskipun agak sedikit ngatung tapi masih aman karena kaki tidak terlihat.

2. Panjang Gamis 128 cm

Panjang gamis 128 cm masih bisa dipadukan dengan sepatu boot meskipun bagian atas boot tidak terlihat. Bagian bawah gamis pun aman tidak terkena lantai.

3. Panjang Gamis 130 cm 

Gamis yang panjangnya 130 cm sangat pas digunakan oleh wanita yang mempunyai tinggi 148 cm seperti saya. Karena ujung gamis tidak menyapu lantai tapi sudah bisa menutup punggung kaki. Gamis dengan panjang 130 cm ini bisa dipadukan dengan sepatu atau sandal flat tanpa khawatir menyapu tanah.

4. Panjang gamis 135 cm

Wanita dengan tinggi 148 cm masih bisa memakai gamis yang panjangnya 135 cm, namun harus memakai sepatu atau sandal berhak tinggi. Jika tidak mengenakan hak tinggi maka ujung gamis akan menyapu tanah. Ada sih yang lebih memilih gamis menyapu lantai, tapi buat saya yang masih sering bertemu dengan tanah yang becek, saya lebih baik menghindarinya.

Ada kalanya saat membeli gamis kita harus memotong bagian bawahnya. Karena biasanya pedagang menggunakan ukuran standard yaitu 140 cm. Kalau menemui pedagang yang menjual ukuran standard sperti ini, carilah midi dress. Biasanya untuk midi dress ini panjangnya antara 120-130 cm. Jadi kita tak perlu memotongnya lagi.

Namun ada juga pedagang gamis yang jeli melihat pasar. Mengingat tinggi rata-rata wanita indonesia berkisar 155 cm, banyak juga yang menjual gamis dengan panjang antara 130-135 cm. 

Selain itu ada juga pedagang yang menawarkan jasa memotong bagian bawah gamis atau pesan sesuai dengan keinginan konsumen. Biasanya pedagang yang seperti ini adalah pedagang yang memproduksi sendiri gamis yang mereka jual. Hanya dengan 10.000 - 15.000 rupiah, kita bisa mendapatkan gamis yang panjangnya sesuai dengan keinginan kita.


Panjang gamis untuk wanita 148 cm


Model Gamis yang Sesuai untuk Wanita Pendek

1. Gamis berbentuk A/ A Line

Gamis berbentuk A adalah gamis yang melebar di bagian bawah. Gamis A line ini adalah model gamis untuk orang pendek agar terlihat tinggi. Selain itu juga menjadi gamis yang cocok untuk wanita pendek dan gemuk.

2. Gamis model susun/Gamis umpak

Gamis umpak adalah gamis yang memilki beberapa potongan dengan bagian bawah lebih lebar. Secara bentuk gamis ini juga seperti huruf A hanya saja terbagi menjadi beberapa potongan. Tahukah anda meskipun terdiri dari beberapa potongan, ternyata banyaknya dan letaknya potongan juga berpengaruh loh.

Saya sudah mencoba memakai gamis umpak dengan 3 potongan, ketika saya bandingkan dengan gamis yang memiliki 4 potongan, ternyata saya nampak lebih tinggi jika memakai yang 4 potongan. Alasannya adalah, gamis tiga potongan seolah-olah membagi tubuh kita menjadi 3 potongan sehingga potongannya masih nampak besar. 

Sedangkan gamis 4 potongan akan membagi tubuh kita ke bagian yang lebih kecil-kecil sehingga nampak lebih semampai.

Sedangkan posisi potongan tergantung pada bentuk tubuh. Saya lebih cocok memakai gamis umpak yang potongan pertamanya di bawah dada. Namun ada juga yang lebih cocok memakai gamis yang potongan pertamanya di bagian pinggang.

Namun ada juga gamis susun yang potongan pertamanya ada di atas lutut, sedangkan bagian lebih atasnya berbentuk lurus. Gamis dengan potongan seperti ini juga memberi kesan tinggi. Hal ini disebabkan bentuk lurus yang diikuti potongan di atas lutut memberi kesan torso yang lebih panjang. Selain terlihat lebih tinggi kita juga terlihat lebih langsing.

3. Gamis Model Abaya

Gamis ini bentuknya lurus dari atas sampai ke bawah. Bagi wanita pendek sebaiknya memilih yang longgar tapi jangan sampai kedodoran. Saya sendiri masih percaya diri memakai gamis model abaya ini asalkan polos dan warnanya gelap. Untuk kerudungnya bisa menggunakan yang bermotif sederhana agar kita tidak terkesan "penuh".

4. Gamis dengan Aksen Vertikal di Tengah

Sekarang ini banyak gamis yang diberi aksen vertikal di tengah seperti kancing yang berjajar dari atas ke bawah. Ada juga aksen vertikal ini berupa jahitan memanjang. Adanya aksen vertikel di tengah ini memberi kesan tubuh lebih tinggi. Namun ingat, dalam memilih aksen pastikan bentunya sederhana dan warna yang tidak mencolok. Gamis aksen vertikal ini juga salah satu gamis yang cocok untuk wanita pendek dan gemuk.

5. Gamis Inner Dilengkapi dengan Outer Panjang/ Crop Top

Outer panjang disini adalah yang panjangnya hampir menyamai panjang gamis. Atau paling tidak sepenjang betis. Padukan inner dan outer yang memiliki warna  senada/monokrom untuk memberi kesan tubuh lebih slim. Namun jika Anda lebih memilih jaket/outeri Crop Top maka anda bisa lebih bebas memilih warna dan motif.

Nah itulah beberapa model gamis yang cocok untuk wanita pendek  dan berapa panjang gamis yang pas untuk wanita yang tingginya 148 cm seperti saya. JJika ada yang ingin menambahkan, mari saling berbagi di kolom komentar. 

Untuk rekomendasi atasan yang cocok bagi wanita pendek, anda bisa membaca artikel sebelumnya ya. Selamat membaca dan terima kasih.

facebook

twitter

pinterest

linkedin

You Might Also Like

24 comments

  1. Ini aku baca sambil membayangkan bentuk gamisnya loh, gak ada gambarnya sih, xixixi..

    Kalo aku sih tim panjang gamis 130 cm, kalo model gamisnya semua oke sih, kecuali gamis model susun.

    BalasHapus
  2. Kalo gamis model A-line cocok untuk perempuan yg berpinggul besar yaa.milih gamis untuk wanita mungil emang tricky karena kalau salah pilih malsh terlihat 'tenggelam'.

    Jadi cocoknya emang beli gamis MIDI yg panjangnya 125 cm biar pas dan gak usah permak lagi bagian bawahnya.

    BalasHapus
  3. Jangan ragu untuk bereksperimen. Cobalah berbagai model gamis dan temukan model yang paling sesuai dengan karakter. Jangan lupa disesuaikan dengan kebutuhan acara dan kegiatan juga ya kak

    BalasHapus
  4. Tetep bisa diakalin ya Kak, biar pemakaian gamisnya gak kepanjangan, dan kalo bisa gak potong² hehe

    BalasHapus
  5. Gamis umpak lucu tuh. Hum...tapi cocok ga ya buat wanita bertubuh imut. Aku lebih suka gamis agak ngatung sih, tentunya dalemnya aku lengkapi pakai celana panjang model pinsil sih. Lebih ringkes gitu sih, naik tangga atau angkot engga kesrimpet...

    BalasHapus
  6. wah pas banget baca ini mba kebetulan saya juga ga begitu tinggi dan sedang mencari gamis buat acara di pesantren keponakan, jadi nambah referensi buat nanti beli gamis, kebetulan saya suka model abaya

    BalasHapus
  7. Cocok nih buat referensi istri kebetulan juga pendek orangnya suka susah nyari gamis yang pas

    BalasHapus
  8. Kalau tahu tips dan triknya, meski bertubuh pendek, tetap bisa tampil modis menggunakan gamis ya mbaj

    BalasHapus
  9. Tinggiku kurang dari 150 cm, biasanya cari gamis atau midi dress dengan panjang 125-130 cm. Cuma kalo ngga ada opsi lainnya ya permak ke penjahit

    BalasHapus
  10. Wah makasih banget Kak.... ku save nih artikelnya, bermanfaat banget buat saya yang tingginya cuma 145 cm. Kapan-kapan kalau ada untuk yang pendek dan sekaligus gemuk ya Kak. Hehehe.

    BalasHapus
  11. Emang sih ya. Agak rumit memilih gamis. Mau itu buat yang semampai atau yang dianggap jangkung kayak aku. Hehehe

    BalasHapus
  12. Pilihan Gamisnya banyak banget ya kak. Ga repot lagi tuh buat ganti2 sesuai selera. Kalo kepanjangan pun masih bs dipotong.

    Cocok banget nih buat persiapan Idul Adha.

    BalasHapus
  13. Saya juga heran lho kenapa penjual seringnya menjual ukuran standard 140 cm. Buat yang tingginya 148 cm, kepanjangan, buat yang tingginya 170 an, kependekan.

    BalasHapus
  14. Jadi teringat kalau ada gamisku yang belum kupotong.

    Kalau punya tubuh yang nggak terlalu tinggi memang sebaiknya memilih gamis yang nggak terlalu panjang, pun bisa disesuaikan dengan sepatu yang mau dikenakan biar cantik dan nyaman dipakai sih ya.

    BalasHapus
  15. suka heran sama penjual ya karena panjang gamis 140 cm..hiiikks potong lagi deh hehe, anyway saya juga suka pake gamis terus padu padan dengan outer, emang kesan tingginya dapat banget

    BalasHapus
  16. Dengan tinggi badan yang hampir sama dengan saya kalau beli baju saya juga cari ukuran lingkar dada yang sekitar 100 cm. Kalau panjangnya biasanya saya lipat sendiri. Jadi jarang dipotong gitu

    BalasHapus
  17. Gamis sekarang modelnya bagus bagus. Gak kayak dulu yang terkesan kuno. sehingga yang pakai jadi kayak ibu ibu. Sekarang model gamis unik dan bisa dipakai remaja juga.

    BalasHapus
  18. beli gamis itu jadi PR sih buat kita kita yang bertubuh pendek dan (gemuk), karena biasanya panjangnya lebi dari mata kaki bahkan beberapa lebih dari kaki jadi harus ke mang taylor, eh tailor. dan ini selalu. tapi kalau soal model, saya prefer A sih dan ada talinya, beneran gak begitu keliatan big. kalau abaya saya gak pede apalagi yang berumpak. masih mending yang pake outer lah.

    BalasHapus
  19. Kadang panjang gamis ini antara merek satu dengan merek lainnya ini berbeda ya, klo aku sendiri klo kepanjangan aku lipat dan jahit sendiri.

    BalasHapus
  20. Suka banget ada tips buatku, si semampai alias semeter tak sampai.
    HUhuhu.. akutu kadang kalau pakai gamis selain tricky di tinggi badan juga tricky di bentuknya yang bisa-bisa malah memperlihatkan aku mengembang ke samping. Jadi, selain kudu teliti milih model, seperti saran ka Retno, juga kudu jeli memilih warna.

    BalasHapus
  21. Perempuan yang memakai gamis itu memang look-nya jadi lebih anggun apalagi jika dapat memakai yang proporsional sesuai dengan bentuk dan ukuran tubuh masing-masing

    BalasHapus
  22. Semakin ke sini akumakin suka pakai gamis. Dan makin gombrong, makin suka, karena menutupi bentuk tubuh he he. Aku suka model abaya dan model susun, manis aja kelihatannya.

    BalasHapus
  23. Suka sama pakaian gamis, tapi kalau lihat yang pakai gamis kepanjangan kadang suka kasihan, gamisnya jadi cepat kotor dan kurang enak dipandang. Makanya penting banget nih belajar gimana cara yang pas pakai gamis untuk wanita pendek.

    BalasHapus
  24. Kalau gamis yang tumpuk kadang memberikan kesan badan lebih penuh, pilihan warnanya harus kita perhatikan juga. Badan saya tinggi tapi gede mbak hehehee... kadang juga bingung mau pilih gamis yang model gimana.

    BalasHapus